Nih, 7 Perkakas Sakral yang Selalu Dibawa Rider Vespa

- 5/11/2018

Yang namanya perkakas/peralatan pastinya penting banget buat dimiliki oleh kita para riders, apapun motornya, karena biasanya ada keadaan di mana kita terpaksa memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil yang bisa kita kerjain sendiri tanpa minta bantuan bengkel.

Dan untuk para riders vespa, ada loh alat-alat atau perkakas-perkakas yang sifatnya sakral dan harus selalu tersedia di buritan kiri alias bagasi si asik klasik ini. Apa aja sih? Ridmee kasih tau 7 di antaranya yaa. Check it out!

1. Kunci Busi

Dari namanya aja udah jelas ya, kunci busi ini merupakan alat yang gunanya buat buka/pasang busi. Dan hal yang biasa terjadi adalah, kalau si busi ini tiba-tiba mati atau banjir, vespa pasti ngadat dan gak mau nyala. Kalo udah gitu, pastinya busi harus dibuka lalu dibersihkan dengan kain lap dan diampelas jika perlu. Dan untuk membuka busi tersebut pastinya gak bisa dilakuin dengan tangan kosong dong? Maka di sinilah peran si kunci busi ini sangat dibutuhkan. So, ini merupakan perkakas wajib bagi para rider vespa.


2. Busi


Selain harus bawa kunci busi, kamu juga kudu bawa businya itu sendiri. Kenapa? Kamu pasti tau dong kalo Vespa klasik masih pake mesin dua tak yang cara kerja mesinnya beda dengan cara kerja mesin empat tak? Nah, kalau pencampuran oli samping dan bensin nggak pas, busi biasanya ngadat dan banjir. Busi banjir ini biasanya penyebabnya adalah asupan bensin dan oli samping yang berlebihan. Efeknya, karburator bermasalah karena nggak bisa nahan masuknya bensin dari tangki ke pembakaran, dan akhirnya bikin busi mati. Solusinya? Selalu siapkan busi cadangan.


3. Oli Samping

Oli samping ini biasanya dicampurkan setelah mengisi bensin. Satu hal yang gak boleh kamu lupa, pengisian oli samping ini harus pas biar nggak terjadi kebocoran dan keluaran asap motor nggak berlebih. Oli samping ini penting banget buat kelangsungan laju vespa-mu karena berfungsi untuk membantu pembakaran mesin.


4.Kabel

Kabel di sini maksudnya adalah kabel/tali gas, kopling, dan perseneling, ya. Kenapa penting dan sakral buat dibawa-bawa? Karena rentan putus. Jadi kalo sampe kejadian putus salah satu kabel di atas, kamu udah ready buat ganti.


5. Kunci 11 & 13

Jangan lupa buat bawa kunci 11 sama 13 ya guys, karena Vespa ini butuh kunci-kunci langka yang jarang ditemuin ada di motor-motor pabrikan Jepang. Fungsinya buat buka ban kalo bocor atau masalah lainnya. Jadi, pastinya penting juga buat bawa ban serep.


6. Obeng

Ini sih perkakas yang bisa dibilang wajib buat segala macam kegiatan yah, termasuk buat ber-vespa. Usahakan buat bawa kedua jenis obeng (plus dan minus). Fungsinya biasanya buat ngebuka baut gagang Vespa juga buat buka karburator atau pun ketika kamu  harus mengganti tali kopling.
 
 

7. Tang

Ini nih, si penjepit yang sakral juga, yang selalu para rider Vespa bawa. Tang! Tang ini wajib dibawa karena penting banget buat motong dan juga narik tali kopling dan memperbaiki rem. So, jangan sampe ketinggalan ya!
 
***
 
Artikel ini disadur dan disunting tanpa merubah maknanya dari sini