5 Jenis Teh Beserta Masing-masing Khasiatnya

- 11/08/2017

Siapa yang tidak tahu tentang teh? Minuman yang telah menjadi kunci bagi kesehatan dan kebahagiaan serta pengetahuan bagi manusia sejak ribuan tahun ini, membuat orang berlomba-lomba untuk meneliti manfaat dan khasiat teh berdasarkan jenisnya. Kandungan kafein dan theanine dalam teh sangat berkhasiat untuk kinerja otak dan kesadaran mental. Teh juga mampu meningkatkan semangat tanpa menyebabkan kesulitan tidur, itu karena kandungan kafein teh lebih rendah dibandingkan kopi. Selain kedua kandungan tersebut, kandungan flavonoid dalam teh juga baik bagi kesehatan jantung dan mampu mengurangi risiko kanker. Sekarang kita bahas tentang jenis teh serta manfaat dan khasiatnya.

1. Teh hijau

Teh hijau yang didapat dari daun teh yang telah diuapi ini mengandung antioksidan yang dapat menekan pertumbuhan beberapa jenis kanker, seperti kandung kemih, payudara, paru-paru, perut, pankreas, dan kanker yang menyerang usus besar serta rektum. Teh hijau juga terbukti mampu mencegah penyumbatan darah di arteri, meminimalisir munculnya alzheimer dan parkinson, mengurangi risiko kanker, dan memperbaiki kadar kolesterol baik dalam tubuh.

2. Teh Hitam

Teh hitam dibuat dengan memfermentasikan bagian daun. Teh hitam ini mengandung kafein lebih banyak ketimbang jenis teh yang lainnya. Teh jenis ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi kalian yang sering merokok, karena teh hitam mampu untuk melindungi paru-paru dari kerusakan yang diakibatkan oleh merokok sekaligus mengurangi risiko stroke.

3. Teh Putih

Teh putih merupakan jenis teh yang paling murni karena tidak melalui proses fermentasi maupun penguapan. Walau begitu, teh putih dianggap memiliki khasiat lebih untuk mencegah kanker dibandingkan jenis teh yang lain.

4. Teh Oolong

Teh oolong adalah salah satu jenis teh yang memiliki warna antara hijau dan hitam. Teh oolong yang diseduh dengan baik memiliki rasa yang pahit namun meninggalkan rasa sedikit manis setelah diminum. Kandungan Antioksidan dalam teh oolong terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, Wuyi yang merupakan variasi dari teh oolong dijual luas dipasaran sebagai suplemen untuk mengurangi berat badan.

5. Teh Pu-erh

Teh pu-erh diproses dari daun teh yang diawetkan lalu kemudian difermentasikan. Teh pu-erh terbukti mampu menurukan berat badan serta mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dari kelima jenis teh di atas, yang jadi favorit kamu yang mana?

***


artikel ini sudah ditulis terlebih dahulu di bacanaskah.com dengan judul "Mengenal Jenis Teh Serta Khasiatnya"