7 Hal yang Sebaiknya Nggak Kamu Lakuin Saat Perut Kosong

- 9/05/2017


Di zaman sekarang ini, gak sedikit orang yang gak terlalu concern tentang apa yang masuk ke dalam perut mereka. Mulai dari kualitas makanan, jenis makanan, sampai nutrisi makanan pun kadang nggak terlalu diperhatikan demi memanjakan lidah. Yang penting enak. Kesehatan urusan belakangan.

Bukan cuman itu, kadang gaya hidup yang kurang teratur pun memberikan sikap permisif terhadap jadwal makan. Banyak orang yang berani makan apapun, kapanpun. melakukan apapun kapanpun. Padahal sebetulnya ada hal-hal yang sebaiknya nggak dilakukan saat perut kosong, karena bisa memberikan kerugian bagi diri kita baik secara fisik maupun mental. Apa aja sih?

1. Minum obat antiinflamasi



Aspirin, parasetamol, dan obat antiinflamasi nonsteroid (nonsteroidal anti-inflammatory drug - NSAID) lainnya nggak seharusnya dikonsumsi saat perut kosong. Bukan cuma mengurangi keefektifannya tapi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius (seperti pendarahan lambung).
Saran: Minum susu bisa mengurangi efek negatif dari NSAID. Kalau tidak tersedia, Kamu bisa mensiasatinya dengan banyak minum air putih.

2. Minum kopi

Bahkan kopi tanpa kafein pun bisa merangsang produksi asam yang bisa menyebabkan mulas dan masalah saluran pencernaan lainnya kalau diminum saat perut kosong. Apalagi kalau kamu minum kopi tanpa sarapan, hal tersebut bisa menyebabkan kekurangan serotonin, selain itu juga bisa memberikan suasana hati yang suram sepanjang hari.
Saran: Kalau kamu nggak bisa menghilangkan kebiasaan minum kopi pagi-pagi, coba konsumsi dengan susu atau krim, karena lemak susu bisa mengurangi efek negatif kopi yang kamu minum.

3.  Mengunyah permen karet

Asam yang dihasilkan pencernaan saat kamu mengunyah permen karet ternyata bisa berbahaya buat lapisan perutmu yang kosong; keseringan ngunyah permen karet bisa menyebabkan gastritis. Juga terbukti secara ilmiah kalau orang yang doyan mengunyah permen karet biasanya lebih suka junk food daripada buah dan sayuran.
Saran: Hindari permen karet yang mengandung pemanis buatan, siklamat, atau aspartam, karena jauh lebih berbahaya daripada permen karet dengan pemanis alami (xylitol, sorbitol). Hindari juga mengunyah permen karet selama lebih dari 10 menit, bahkan ketika perutmu penuh

4. Tidur

Rasa lapar dan kadar glukosa yang rendah bisa menghindarkan kita dari tidur yang nikmat dan nyenyak, kita bakal tidur lebih singkat dan otomatis terbangun lebih dini. Selain itu, kurang tidur juga meningkatkan tingkat "hormon lapar". Inilah alasan kenapa keesokan harinya kita jadi makan lebih banyak kalau sebelumnya nggak makan malam.
Saran: Biarpun tidur dengan perut kosong itu nggak baik, bukan berarti kamu harus makan sepuasnya juga sebelum tidur; it's absolutely a bad idea! Solusi terbaik adalah mengonsumsi produk susu, karena produk susu mengandung magnesium dan kalsium. Unsur-unsur ini bisa memberikanmu tidur yang nyenyak.


5. Olahraga keras

Ada yang bilang kalau berolahraga dengan perut kosong itu bisa membakar lebih banyak kalori, bener gak sih? No, lari dengan perut kosong itu gak pengaruh sama lemak, guys. Justru bahayanya kamu bakal kehilangan massa otot. Intensitas latihan juga bakal berkurang karena tubuhmu kekurangan energi.

Saran: Pertimbangkan latihan aerobik ringan daripada langsung "menggeber" tubuhmu dengan latihan yang keras. Apalagi kalau kamu memiliki masalah pencernaan, kamu sebaiknya makan makanan ringan dulu sebelum melakukan olahraga, karena aktivitas fisik menginduksi produksi cairan lambung, yang tentu saja berbahaya bagi perut kosong.


6. Belanja

Kita semua pasti sadar kalo saat kelaparan, kita bakal beli/ngambil lebih banyak makanan daripada yang sebenarnya kita butuhkan. Ternyata bukan cuman itu, perut kosong juga bikin kita lebih bersikap "kalap" dalam beli/ngambil sesuatu, meskipun bukan di tempat makanan.

Menurut penelitian, pesan internal "Gua pengen makanan" dari otakmu itu ter-terjemahkan menjadi "gua pengen" doang. Efeknya, orang yang kelaparan "menterjemahkan" pesan internal tersebut dengan membeli banyak barang.
Saran: Selain membuat daftar belanja, membayar dengan uang tunai juga bisa membantumu menghemat uang. Sebuah penelitian mengatakan bahwa seseorang cenderung menghabiskan lebih sedikit uang ketika mereka membayar tunai daripada dengan kartu.


7. Berdebat/bertengkar

Para periset membuktikan bahwa lapar bikin sistem tubuh kita kurang "tersusun" dan cenderung bersikap di luar kendali. Hal tersebut terjadi karena pengendalian diri itu butuh energi, yang tentu saja bakalan susah banget kita dapatkan kalo perut kita kosong.

Saran: Kalau kamu gak punya cukup waktu buat makan sebelum berdiskusi tentang sesuatu-yang kamu tahu berpotensi untuk berubah menjadi perdebatan--coba minum minuman hangat, dan coba tawarin juga minuman itu ke lawan bicaramu. Hal tersebut bisa membuat pembicaraan menjadi lebih santai dan bersahabat