Nih, 7 Manfaat dari Minum Air Ajaib Ini Secara Rutin

- 9/05/2017



Menjaga kesehatan bisa dibilang susah-susah gampang. Susah karena terkadang buat stay healthy itu butuh modal dan usaha yang gak bisa dibilang murah dan mudah juga. Perlu ngeluarin duit, perlu effort ekstra, dan perlu kedisiplinan buat bisa mendapatkan kesehatan yang prima.

Tapi kadang untuk bisa sehat gak susah-susah amat juga, karena faktanya alam ini udah menyediakan banyak stock makanan atau minuman yang kalau kita konsumsi rutin bisa bikin kita bugar dan jauh dari penyakit. Banyak bahan alami yang gampang didapat, dan kalaupun harus beli, harganya pun gak mahal-mahal amat. Contohnya si air ajaib di bawah ini:

Ya, air kelapa muda. Siapa sih yang gak kenal kesegaran dan manfaatnya? Untuk mendapatkannya juga gak susah karena memang persediaannya melimpah (yang susah mungkin ngupasnya aja buat yang gak biasa, hehe...).

Harganya terjangkau, rasanya segar, dan yang pasti manfaatnya banyak buat kesehatan. Apa aja sih? Liat satu-satu yuk....

1. Memperlambat proses penuaan

Air kelapa merupakan sumber sitokinin alami, yaitu hormon tanaman yang memberikan keajaiban bagi kesehatan kita. Sitokinin tidak hanya berpengaruh untuk pembelahan sel dan memberi efek anti penuaan, tapi juga mengurangi risiko penyakit terkait usia, seperti kanker dan trombosis.


2. Perubahan mood yang tak menentu serta stres nggak akan menghinggapi kamu

Air kelapa mengandung berbagai vitamin. Termasuk vitamin B kompleks yang bisa membantumu mengurangi stres dan mencegah perubahan mood. Selain itu, ada juga magnesium yang berperan meningkatkan produksi serotonin, yang ampuh menghindarkanmu dari depresi.


3. Kamu bisa mendapatkan kulit yang cerah dan halus.

Sebagai sumber antioksidan yang hebat, air kelapa mampu mengeluarkan racun sekaligus memberi nutrisi penting. Selain meminumnya, kamu juga bisa mencoba mengaplikasikannya ke wajahmu. Hal tersebut terbukti ampuh melawan kotoran dan menjadikan kulitmu sehat dan cantik.


4. Tekanan darah menjadi stabil

Sebuah studi menunjukkan bahwa air kelapa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tekanan darah. Air kelapa mampu menurunkan tekanan sistolik sebesar 71% dan tekanan diastolik sebesar 29%.
Tekanan sistolik adalah tekanan darah pada saat terjadi kontraksi otot jantung. Istilah ini secara khusus digunakan untuk merujuk pada tekanan arterial maksimum saat terjadi kontraksi pada lobus ventrikular kiri dari jantung. Rentang waktu terjadinya kontraksi disebut systole. Sedangkan Tekanan diastolik adalah tekanan darah pada saat jantung sedang berelaksasi atau beristirahat. Pada kurva denyut jantung, tekanan diastolik adalah tekanan darah yang digambarkan pada rentang di antara grafik denyut jantung. ~ wikipedia

5. Nggak ada lagi masalah pencernaan

Karena konsentrasi seratnya tinggi, air kelapa efektif membantu mencegah gangguan pencernaan. Bahkan WHO merekomendasikan penggunaan air kelapa untuk menyembuhkan diare pada anak-anak.


6. Tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik

Air kelapa mampu membantu mengembalikan energi serta mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh secara optimal. Tak heran jika banyak kalangan atlet yang merekomendasikan konsumsi air kelapa sebelum, selama, dan setelah berolahraga.


7. Membantu menurunkan berat badan dengan lebih mudah dan cepat

Cobalah untuk mengganti minuman ringan dan minuman manis lainnya dengan air kelapa kalau kamu berencana menurunkan berat badan dan mempertahankannya untuk selamanya.

Air kelapa merupakan minuman rendah kalori alami yang membuatmu merasa kenyang lebih lama. Cobalah minum segelas air kelapa sebelum makan, kamu akan makan lebih sedikit.