5 Trik Mengajak si Kecil Tidur Siang

- 8/09/2017


Ada beberapa bahkan banyak anak kecil yang cukup sulit untuk diajak tidur siang, ada aja seribu alasan untuk menghindarinya, padahal karena satu dan lain hal, sang bunda ingin si kecil bisa tidur siang.

Nah buat bunda yang sering mengalami kesulitan ngajak si kecil buat tidur siang, coba 5 trik berikut yang mungkin bisa dilakukan untuk mengajak si kecil tidur dengan mudah.

1. Menyanyikan lagu

Ini hal yang paling umum yang biasa dilakukan oleh para bunda untuk menidurkan buah hatinya. Kalau si kecil masih aktif bergerak, bunda coba langsung menyanyi saja, mungkin perhatian si kecil akan teralihkan dan mulai menikmati alunan nada yang bunda lantunkan. Dengan demikian si kecil akan perlahan terhanyut dan masuk ke dalam mimpinya.

2. Bercerita tentang kegiatannya

Hal ini bisa diterapkan jika buah hati bunda sudah cukup besar dan bisa diajak berbincang. Buat suasana nyaman di atas tempat tidur, lalu buatlah "sesi wawancara" di antara bunda dan si kecil. Tanyalah tentang kegiatannya di sekolah, buat dia bercerita sambil jalin ikatan skin to skin antara bunda dengan dia (mengelus, mengecup). Lelah bercerita, mungkin si kecil akan segera tidur.

3. Bermain dan bercanda

Energi Si kecil keliatannya masih full dan gak ada tanda-tanda ngantuk? Biarin aja dulu ia bermain kesana-kemari, bercanda, kalau perlu stimulasi ia dengan kegiatan yang sekiranya sedikit melelahkan untuknya. Ketika si kecil udah mulai capek, tugas bunda selanjutnya adalah membuat dia rileks dan siap naik ke tempat tidur.

4. Beri susu hangat

Susu hangat biasanya berefek menenangkan. Boleh dong dicoba diberikan kepada si kecil. Ketika si kecil rileks, tugas bunda tentu menjadi lebih ringan untuk membuatnya tertidur.

5. Ajak tonton film kesukaan

It's movie time! Ajak si kecil nonton film kesukaannya sambil sesekali tanya jalan cerita atau tokoh-tokoh yang ada di dalamnya. Ciptakan suasana asyik buat nonton. Suasana yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Berikan belaian-belaian kecil di rambutnya. Biarkan ia larut di dalam alur cerita, dan meneruskan kisah di film tersebut dalam mimpinya.

Bunda punya trik lain? Bagi di kolom komentar yuk....