6 Manfaat Mengejutkan Minum Air Hangat di Pagi Hari

- 7/28/2017


Kamu mungkin biasa minum secangkir kopi atau teh buat bikin kamu melek di pagi hari. Atau kamu lebih terbiasa minum air dingin buat ngerasa siap memulai hari. Hingga hal-hal tersebut lama-lama menjadi kebiasaan buat kamu. "Rasanya gak nendang kalo gak ngopi",  "Rasanya gak melek kalo gak ngeteh, "Rasanya gak seger kalo gak minum air dingin".

Tapi, kalau bisa pertimbangkan lagi ya caramu memulai hari, apa yang kamu konsumsi di pagi hari, karena penelitian menunjukkan bahwa meminum air hangat dalam keadaan perut kosong menawarkan manfaat kesehatan yang banyak.

Berikut 7 hal bermanfaat yang akan terjadi pada tubuhmu saat kamu mau membiasakan minum air hangat di pagi hari.


1. Mencegah penuaan dini

Tidak ada seorang pun yang ingin cepat tua, tapi sayangnya kehadiran racun dalam tubuh bisa membuat penuaan dini bukan sekedar isapan jempol belaka. Nah, Ketika tubuh kita menumpuk racun, kita menjadi rentan terhadap penyakit dan penuaan. Tapi jangan khawatir air hangat bisa membantu membersihkan tubuh dari racun. Bukan hanya itu, air hangat juga bisa membantu memperbaiki sel kulitmu, sehingga elastisitas kulitmu mengalami peningkatan.


2. Meredam rasa sakit, khususnya sakit karena haid

Air hangat bisa menjadi obat alami yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi. Air hangat mampu melemaskan otot-otot perut serta membantu meringankan nyeri haid. Selain itu, air hangat juga merupakan obat yang efektif untuk semua jenis kram karena memiliki kemampuan meningkatkan sirkulasi kapiler serta membantu merilekskan otot-otot di tubuh.


3. Membantu menurunkan berat badan

Kamu mungkin pernah dengar kalau meminum segelas air hangat di pagi hari bisa sangat membantu menurunkan berat badan. Kabar baiknya, ini benar. Air hangat berperan meningkatkan suhu tubuh, yang selanjutnya meningkatkan level metabolisme-mu. Peningkatan aktivitas metabolik ini memberikan kemampuan bagi tubuh buat membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Meminum segelas air hangat dengan lemon juga bisa membantu tubuhmu memecah jaringan adiposa (lemak tubuh) di tubuhmu. Selain itu, air hangat dengan lemon juga dapat mengendalikan keinginan makan karena lemon mengandung serat pektin.


4. Memperbaiki pencernaan

Minum segelas air hangat di pagi hari dapat merangsang sistem pencernaan dan membantu tubuhmu untuk lebih baik dalam makanan. Sebaliknya, minum air dingin setelah makan justru tidak baik untuk pencernaanmu. Air dingin bersifat mengeraskan minyak dan lemak dalam makanan yang baru saja kamu makan. Hal ini menciptakan timbunan lemak dan membuat sistem pencernaan menjadi lebih sulit.


5. Meningkatkan sirkulasi darah

Endapan-endapan dalam sistem saraf, serta timbunan lemak di tubuh akan hilang saat kamu meminum segelas air hangat. Proses ini membantu membuang racun yang ada di seluruh tubuh, yang efeknya membantu sirkulasi darah. Air hangat juga bersifat menenangkan, mengurangi ketegangan otot, dan membantu memperlancar aliran darah.


6. Mengatasi sembelit

Kamu pasti setuju kalau efek konstipasi itu sangat menyebalkan dan membuat tidak nyaman. Hal tersebut terjadi saat seseorang memiliki sedikit atau tidak ada pergerakan usus. Biasanya penyebabnya adalah kekurangan air dalam tubuh. Nah, kalau kamu memulai pagi dengan minum air hangat dalam keadaan perut kosong, hal tersebut bisa membantu memperbaiki gerakan ususmu, sehingga mengurangi efek sembelit.