Nih, 10 Manfaat Air Lemon yang Wajib Kamu Tahu

- 7/31/2017

Pertanyaan pertamanya adalah: mengapa lemon?

Karena si kuning bebentuk unik ini sangat kaya akan nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, besi, magnesium, potasium, dan serat. (Faktanya, mengandung potasium lebih banyak daripada apel atau anggur!)

Nah, tapi karena lemon ini bersifat keras terhadap pada enamel gigimu, sebaiknya kamu menyajikannya dalam bentuk larutan, dengan suhu apapun (meski disarankan suam-suam kuku).

Minumlah di pagi hari sekitar 15 sampai 30 menit sebelum sarapan (aman diminum pagi-pagi sekali bahkan dalam keadaan perut kosong), dan bersiaplah mendapatkan manfaat dari air lemon berikut:


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu

Vitamin C itu bisa kita ibaratkan sebagai "kabel jumper" sistem kekebalan tubuh kita, berkhasiat cepat dan tepat, dan asal kamu tau, jus lemon ini penuh dengan vitamin C.

Nah, Ketika kita stress, level vitamin C di sistem tubuh kita adalah salah satu hal pertama yang mengalami kemerosotan, oleh karena itu para ahli selalu merekomendasikan tambahan vitamin C, agar kita siap menghadapi hari yang sulit dan penuh tekanan sekalipun.


2. Sumber potasium yang sangat baik.

Seperti telah disebutkan, lemon itu kaya potasium, yang faktanya baik untuk kesehatan jantungmu. Selain itu, potasium juga diketahui berguna untuk fungsi otak dan juga saraf.



3. Membantu sistem pencernaan

Lemon tidak hanya membantu kesehatan pencernaanmu dengan mengatasi racun-racun di saluran pencernaanmu, tapi jus lemon juga membantu meredakan gejala gangguan pencernaan seperti mulas, sendawa, dan perut kembung.


4. Membersihkan sistem tubuhmu

Lemon terbukti berkhasiat membantu membuang racun dari dalam tubuhmu dengan cara meningkatkan fungsi enzim, dan merangsang kinerja hatimu.



5. Menyegarkan nafasmu

Buat kamu yang punya masalah aroma pernafasan, bisa dicoba nih rutin mengkonsumi air lemon. Kamu juga bakal mendapatkan keuntungan ekstra, karena lemon juga membantu meringankan sakit gigi dan radang gusi.

Tapi karena asam sitrat bisa mengikis enamel gigi, usahakan langsung menyikat gigi setelah minum air lemon atau sikat gigi sebelum meminumnya.


6. Bikin kulitmu kinclong

Antioksidan dalam lemon tidak hanya membantu mengurangi noda di wajahmu, tapi juga menunda keriput! Tidak hanya itu, lemon juga berkhasiat menyamarkan bekas luka dan bintik-bintik penuaan karena sifatnya yang mendetoksifikasi darah. So, kesehatan kulitmu tetap terjaga.


7. Membantu menurunkan berat badan

Ini nih kabar gembira khususnya buat cewek-cewek.Lemon bisa membantu mengurangi berat badan karena mengandung serat pektin, yaitu serat yang membantu meredam hasrat makan.


8. Mengurangi peradangan

Minum air lemon secara teratur bisa menurunkan level keasaman di tubuhmu, dan seperti yang kita tahu, keasaman tubuh biasanya merupakan salah satu sumber penyakit. Lemon ampuh menghilangkan asam urat di persendian, yang merupakan salah satu penyebab utama peradangan.


9. Memberimu tambahan energi

Begitu masuk pencernaan, lemon memberi tubuhmu dorongan energi, hal ini juga membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Bahkan aroma lemon pun memiliki efek menenangkan pada sistem sarafmu!


10. Membantu mengurangi kadar kafein


Kamu mungkin nggak akan percaya sebelum mencobanya, cobalah ganti kopi pagimu dengan secangkir air lemon panas dan rasakan keajaibannya!