bisnis online terbaik 2017

6 Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur

- 7/31/2017


“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim). 


Tau gak, kenapa Rasulullah mencontohkan berwudhu sebelum tidur? Bahkan ulama fiqih menjelaskan hikmah wudhu sebagai salah satu kiat memelihara kebersihan fisik dan rohani.

Sebenarnya apa sih rahasia besar dan manfaat di balik sunah berwudhu sebelum tidur ini?

1. Menenangkan otot-otot

Ilmu kedokteran telah membuktikan bahwa percikan air wudhu merupakan sebuah metode yang dapat mengendurkan otot-otot yang kaku setelah beraktifitas. Efek positifnya setelah berwudhu adalah pikiran yang akan terasa tenang, serta badan tidak akan terasa letih.

2. Mencerahkan kulit wajah.

Wudhu tentu saja bisa mencerahkan kulit wajah karena efek wudhu ini menghilangkan kotoran dari kulit. Kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah kita hilang dan wajah kita cerah dan bersih.

3. Didoakan malaikat.

Malaikat selalu mendoakan dan memohon perlindungan untuk umat muslim yang selalu berwudhu sebelum tidur. Kita semua pasti tau kalo Malaikat adalah makhluk yang selalu berzikir kepada Allah. Dan tentu saja doanya akan selalu dikabulkan oleh Allah.

4. Mencegah kanker kulit.

Jenis kanker yang satu ini banyak disebabkan residu bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit. Kalau kita membersihkan dengan air (terutama saat berwudhu), otomatis  bahan kimia tersebut akan luruh, larut bersama air.

5. Mencegah insomnia.

Menurut para ahli, pencelupan anggota tubuh ke air bisa mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat kembali. Bukan hanya itu, juga bisa mengurangi kekejangan/kekakuan pada syaraf dan juga otot, menormalkan detak jantung, mengurangi kecemasan dan mencegah insomnia.


6. Jika meninggal, in syaa Allah dalam keadaan suci dan baik.

Imam al-Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim menyebutkan ada tiga hikmah berwudlu sebelum tidur (yang maksudnya tidur dalam keadaan suci). Salah satunya adalah khawatir kalau dia meninggal pada malam tersebut. Abdul Razak mengeluarkan sebuah atsar dari Mujahid dengan sanad yang kuat, Ibnu Abbas radliyallahu ‘anhuma berkata, “Janganlah engkau tidur kecuali dalam kondisi berwudlu (suci), karena arwah akan dibangkitkan sesuai dengan kondisi saat dia dicabut.”


 
bisnis online terbaik 2017