Sebelum Menghabiskan THR Buat Shopping, Pastikan Kamu Ingat Hal-hal Ini

- 6/07/2017



Kamu tau gak, salah satu hal lain yang paling ditunggu di bulan Ramadhan selain Bedug Maghrib? Ya, THR, hehehe..., gimana nggak? buat para karyawan, mereka bakal dapet "gaji 2x lipat" di bulan yang sama.

Beberapa diantara mereka mungkin bakal pake duit THR ini seefisien mungkin, duitnya bener-bener dipake buat kebutuhan lebaran. Yaa kan namanya juga tunjangan hari raya.

Tapi gak sedikit juga yang pake duit THR ini buat menuhin keinginan yang selama ini gak cukup kalo dibeli pake duit gaji bulanan.

Yaa bebas-bebas aja sih uang THR mau kamu pake buat apa, toh ini uang kamu kan? Tapi sebaiknya kamu jangan lupa sama hal-hal berikut sebelum kamu ngabisin duit THR dengan kalap. Be wise, ya...

1. Tabungan atau investasi






Sudah pasti, THR selalu ditungu-tunggu oleh mereka yang bekerja sebagai pegawai swasta atau PNS. Nah, sebelum kamu kalap menghabiskan uang THR-mu, ada baiknya kamu sisihkan terlebih dahulu sekitar 20 atau 30% untuk keperluan menabung atau berinvestasi. Lumayan kan, kamu dapet ekstra rupiah untuk menambah pundi-pundi tabunganmu.


2. Berbagi dengan yang membutuhkan


Nggak ada salahnya kalau kamu berbagi kebahagiaan dengan sesama ketika Lebaran, bahkan sejak bulan Ramadhan. Kalau kamu punya karyawan atau asisten rumah tangga, kamu juga bisa berbagi dengan mereka. kalau pengen lebih afdhol, kamu juga bisa berbagi lewat zakat, infaq, shodaqoh atau donasi.

Selain itu, lebaran juga identik dengan tradisi memberikan uang baru untuk anak-anak. Kamu bisa berbagi dengan saudara, atau anak-anak di lingkungan rumahmu ketika merayakan Lebaran. Jangan lupa manfaatkan fasilitas penukaran uang baru di bank-bank tertentu yaa...


3. Bayar utang

Ini nih yang biasanya sering dilupain. Biasanya kalo lagi gak punya duit suka inget ngutang, tapi giliran punya duit suka lupa bayar utang. Awas lho, utang itu dibawa mati ya...

Nah, jadi sebelum kamu menggunakan uang THR untuk keperluan konsumtif, sebaiknya kamu melunasi atau mencicil hutangmu. Oke mungkin efeknya budget buat belanja jadi berkurang, tapi beban hutangmu bakal semakin enteng. Percaya deh, bayar utang bakal bikin kamu ngerasa lebih lega saat merayakan Lebaran.


4. Bayar kewajiban tahunan


Nah ini nih, kamu juga bisa menggunakan uang THR-mu buat bayar premi asuransi, pajak kendaraan, bangunan, STNK, ataupun pembayaran tahunan lainnya. Nggak ada salahnya, kan, bayar kewajiban dulu sebelum having fun?


5. Bayar zakat fitrah

Inilah yang paling penting dari yang penting. Zakat fitrah sebagai penyempurna ibadah puasamu. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu, baik laki-laki maupun perempuan yang harus dikeluarkan sebelum tenggelamnya matahari pada hari terakhir Ramadhan.

Untuk Besarannya sendiri adalah 3,5 liter atau setara 2,7 kilogram makanan pokok yang biasa kita konsumsi. Bisa dibayarkan dengan makanan pokoknya langsung, atau dikonversi ke dalam bentuk uang sesuai besarannya tadi. Untuk lebih jelasnya, lebih baik kamu berkonsultasi dengan ustadz atau pihak yang lebih kompeten.
***

Nah, kalo sudah semua, baru kamu bisa tenang memanfaatkan uang THR-mu. Untuk berbelanja, pastikan kamu memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Jangan sampai kamu terkuasai hasrat berbelanjamu sehingga uangmu kamu hamburkan untuk sesuatu yang sebetulnya kamu nggak butuh-butuh amat.

Gimana dong kalo duitnya keburu habis? Mungkin secara manusiawi pasti nyesek yaa, tapi insyaallah uang yang kamu habiskan itu berkah karena dihabiskan untuk keperluan syariah. Dan insyaallah uang yang kamu keluarkan tadi akan dibalas oleh Allah SWT, bukan saja dengan uang lagi yang tentunya berlipat ganda, tapi juga dengan pahala yang tak ternilai harganya.