Nih 7 Sikap Positif yang Bisa Kamu Dapatkan dari Ngeband

- 6/13/2017



Rasanya hampir semua remaja menyukai musik. Ada yang merasa cukup menjadi pendengar saja, namun ada yang menjadi penikmat berat hingga hobi nonton konser. Ada yang udah seneng bermain musik di kamarnya, tapi gak sedikit juga yang lebih menikmati untuk memadukan skill dalam sebuah band.

Nah, bicara soal ngeband, di luar asyiknya dan serunya memadukan nada serta kemampuan bermusik ini, ada juga salah satu hal yang nyebelin dari kegiatan tersebut, yaitu stereotip sebagian orang tentang anak band. Banyak yang nganggep anak band itu kurang kerjaan, nakal, deket sama kenakalan remaja dll. Padahal kalo emang niatnya cari-cari kenakalan remaja sih yang gak ngeband aja banyak tuh yang nakal. Ya, nggak?

Justru kalo kita bisa liat lebih dekat dan lebih bijak, ada loh hal-hal dan sikap-sikap positif yang bisa dibangun dari ngeband ini. Apa aja sih?

1. Ngeband membuat kamu menjalankan hobi yang asyik, nyaman, dan aman

Image Courtesy - freestocks

Tempat tongkrongan anak band itu kalo gak di studio, ya di rumah atau basecamp buat ngulik-ngulik lagu. Sebenernya kalo mereka serius bermusik, gak bakal ada tuh kesempatan buat icip-icip narkoba dan sebagainya, karena jangan salah, ngulik musik, bikin aransemen, dan latihan bawain lagu itu menguras tenaga, waktu, dan pikiran, loh.

Kenapa aman? Yaa kan kerjanya mengolah suara, memadukan nada, jadi gak ada kemungkinan buat cedera dong?


2. Membiasakan Menabung

Image Courtesy - Stephen Niemeier

Loh apa hubungannya ngeband sama nabung?

Eits jangan salah, bermusik itu hobi yang lumayan mahal loh. Kamu kudu beli alat musik dan perintilannya (belum lagi ada beberapa hal yang kudu diganti berkala), sewa studio buat latihan, kadang kalo mau ikut festival atau lomba juga kudu ngeluarin biaya pendaftaran, kalo pengen lagumu direkam juga kudu sewa studio recording yang pastinya gak murah.

Dengan demikian, kamu kudu terbiasa menabung buat memenuhi kebutuhan bermusikmu itu. Kalo kamu udah biasa menabung buat keperluan ngeband, nabung buat keperluan apapun gak akan susah dong buatmu?


3. Melatih kedisiplinan

Image Courtesy - John Hult

Menyatukan beberapa kepala dalam sebuah wadah bernama band tentu saja memerlukan kedisplinan tinggi. Jadwalmu kudu menyesuakan jadwal temen-temen band mu. Kamu pasti ngerasa malu hati dong kalo pas latihan atau manggung dateng telat? Kamu juga pasti ngerasa gak enak dong kalo sering gak bisa latihan? Dan kamu juga gak mau dicap gak serius dong kalo pas latihan banyak bercanda? Nah itulah kenapa anak-anak band itu sebetulnya mempunyai kedisiplinan yang baik.


4. Memupuk sikap penuh komitmen

Image Courtesy - Gonzalo Poblete

Berani ngeband berarti berani berkomitmen. Kalian berkomitmen untuk selalu kompak dalam situasi apapun. Kalian berkomitmen untuk mencapai suatu tujuan tak peduli seberat apapun rintangan yang menghadang. Kalian juga berkomitmen untuk selalu setia satu sama lain.


5. Menumbuhkan sikap ramah dan suka berteman

Image Courtesy - Anna Vander Stel

Ngeband adalah gudangnya interaksi sosial. Kamu akan bertemu dengan banyak orang di sini. Ketemu dengan band lain pas aplusan jadwal studio, ketemu temen-temen baru ketika nunggu buat naik panggung, bergabung di komunitas dengan hobi yang sama untuk saling tukar informasi, kumpul-kumpul dengan komunitas aliran musik yang sama, dan seabrek kegiatan lainnya yang mengharuskan kamu untuk berinteraksi.

Dengan demikian kamu akan terbiasa untuk bersosialisasi, dengan demikian kamu gak akan kaku lagi ketika diharuskan untuk berurusan dengan orang lain. Bukankah salah satu faktor kesuksesan seseorang adalah ketika dia bisa luwes menjalin networking?

6. Membuatmu menghargai uang

Image Courtesy - paalharald

Selain menjadi hobi, untuk beberapa orang musik juga menjadi sarana menjaring rupiah. Ya, musik memang bisa menghasilkan. Kalau kamu pintar-pintar mencari peluang, kamu akan menyadari kalo hobi kamu yang satu ini bisa menambah pundi-pundimu (Dengan bermain di cafe misalkan) Namun di waktu yang sama kamu juga akan menghargai uangmu itu karena untuk mendapatkannya ternyata tidak mudah. Waktu yang kamu korbankan, pikiran yang kamu curahkan, serta uang yang kamu investasikan--dalam bentuk alat musik--adalah bukti bahwa kamu sudah sangat berjuang demi tujuanmu.

7. Memupuk solidaritas

Image Courtesy - foretagimark

Kalo kamu pengen liat contoh orang solider, liat deh para anak band. Solidaritasnya gak perlu diragukan. Ketika ada temen bandnya yang lagi kurang duit buat beli sesuatu yang berhubungan dengan alat musiknya, mereka gak segan patungan. Ketika manggung gagal gara-gara ada salah satu personil yang bikin kesalahan, mereka gak akan blaming. Dan ketika ada salah satu teman yang lagi bete atau dapet musibah, mereka akan senantiasa menghibur. Karena teman-teman band bukan cuma orang-orang yang bermain musik bersama-sama, tapi mereka adalah sahabat, rumah, keluarga. Makanya gak heran kalo banyak band yang bertahan bahkan sampai usia personilnya udah gak muda lagi.



*Artikel ini bisa dibaca juga di musikfeed