Menghasilkan Uang Dari Hobi? Bisa Kok!

- 6/07/2017

Di jaman sekarang ini, kita dituntut untuk selalu bergerak cepat dalam hal apapun, termasuk dalam mencari penghasilan. Pekerjaan susah dicari, sekalinya dapet kerjaan, eh gajinya kadang pas-pasan. Dan untuk mensiasati hal tersebut, kamu bisa melakukan dua hal: Pertama cukup-cukupin gajimu dengan cara berhemat, yang kedua cari penghasilan tambahan.

Nah buat kamu yang emang lagi nyari penghasilan tambahan, sebelum mikir terlalu jauh usaha apa yang mau kamu jalanin, liat yang deket-deket dulu yuk. Liat hobi kamu, ada yang bisa dijadiin penghasilan tambahan gak? Atau baca dulu artikel ini sampai kelar deh, karena kali ini ridmee mau sharing ide menghasilkan uang dari hobi. Check it out guys!


1. Musik bukan cuma sekadar kegiatan pengisi waktu luang, kok...


Musik merupakan hobi yang tidak pernah sepi peminat, khusunya bagi para kawula muda. Kalo kamu jago maen musik, gak ada salahnya mengkonversi skill kamu itu menjadi pundi-pundi rupiah, guys! banyak cara yang bisa kamu lakukan buat bisa dapetin duit dari musik. Nih beberapa di antaranya:


Ngajar musik

Seperti yang ridmee sebutkan tadi, kalo peminat musik itu gak pernah sepi. Nah, makanya banyak banget orang yang pengen banget bisa maenin alat musik. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan buat nawarin jasa mengajar musik, dengan begitu kamu bakal dapetin 2 keuntungan sekaligusPertama, skill bermusik kamu bakal lebih terasah karena kamu pake terus dengan cara mengajar. Kedua, dompet kamu pun bakal selalu terisi karena biasanya bayaran les musik itu lumayan tinggi, lho.

Unggah permainanmu ke situs web video

Udah banyak banget musisi atau penyanyi jebolan situs web video yang akhirnya terkenal kemana-mana. Beberapa di antaranya bahkan awalnya cuman iseng-iseng aja, tapi nasib baik dengan asyiknya menghampiri mereka. Nah, kamu juga bisa kok mengikuti jejak mereka. Rekam permainan dan unggah! Siapa tau nasibmu mujur, kamu terkenal, dan duitmu tambah banyak. Atau paling tidak, kamu bisa manfaatkan menjadi publisher iklan di channel-mu, dengan demikian, rekeningmu nggak akan kurus melulu.


2. Kamu jago bikin kue?

Pasanganmu, keluargamu, dan teman-temanmu mengakui bahwa kue-kue buatanmu sangat lezat, dan mereka pun selalu menjadikan kue-kue buatanmu menjadi camilan andalan. Wah, jangan disia-siain tuh, bisa banget jadi lahan usaha. Kamu bisa menjual hasil olahan tanganmu itu kepada mereka yang doyan makan. Caranya?

Buka toko/warung kue

Yup, kamu bisa kan memanfaatkan sedikit space di rumahmu buat jualan? Gak perlu sebuah toko besar dulu, bahkan kamu bisa memanfaatkan teras/garasi rumahmu buat memajang kue-kuemu di sebuah etalase. Dengan membuka usaha di rumah, kamu masih bisa melakukan kegiatan lainnya sembari menikmati rupiah demi rupiah yang mengisi dompetmu.

Jual online!

Jual-beli online adalah tren yang lagi nge-hits banget dewasa ini. Kamu bisa manfaatin momen tersebut dengan menjajal keberuntunganmu memasarkan kue-kuemu secara online. Kamu bisa manfaatin media sosial untuk itu, atau bahkan membuat website untuk wadah usahamu tersebut.

"Tapi aku gak tau cara membuat website"



Hal tersebut bukan lagi jadi alesan, kawan! Karena sudah banyak banget tutorial-tutorial di internet tentang cara membuat website. Selain itu, sekarang banyak kok penyedia layanan hosting yang bakal memudahkan kita membangun sebuah website meskipun kita gak paham bahasa pemrograman sama sekali.


3. Jangan salah, sekarang maen game bukan cuma kegiatan yang buang-buang waktu...


Maen game bukan kegiatan yang buang-buang waktu? Iya, kalo kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. Udah banyak kok contoh gamers yang sukses dengan hobinya tersebut. Sebut saja PewDiePie, atau SeaNanners. Atau rezaoktovian alias arap sebagai contoh nyata dari negeri sendiri. Yup, mereka berhasil menjaring ribuan dollar dari merekam permainan mereka dan mengunggahnya ke YouTube. Percayalah, kamu juga pasti bisa kalo mau berusaha!
Tapi aku gak punya spek komputer gahar, gear gaming canggih, kamera bagus, audio bening, dan internet koneksi kenceng...

Tenang, game android juga bisa menghasilkan uang kok. Misalkan dengan menjual akun Clash of Clans dan sejenisnya. Kamu cukup main ketika ada waktu aja, fokuskan untuk mengembangkan permainan, dan siap-siap jual akunmu ketika sudah dirasa layak. See? bisa kan menghasilkan uang dari hobi...


4. Fotografi. Jelas, dari dulu hobi yang satu ini emang bisa ngedatengin duit...


Banyak cara buat bisa menghasilkan uang dari hobi yang satu ini. Mulai dari buka jasa jepret kawinan, pre-wedding. Atau kamu juga bisa memanfaatkan internet buat jual hasil-hasil jepretan kamu. kamu bisa unggah foto-foto kamu ke website stok foto seperti shutterstock, 123rf, dan sejenisnya.

Dan jangan lupa, sebagai fotografer (biarpun masih amatir), kamu sebaiknya punya portfolio sebagai "etalase" karya-karyamu. Hal ini juga jauh lebih menguntungkan daripada karya-karyamu itu cuman kamu simpen di harddisk dengan kemungkinan rusak atau terhapus. Untuk portfolio online ini, kamu bisa manfaatin wadah online gratis seperti portfoliobox, behance, carbonmade, dan sejenisnya. Atau kalau kamu pengen punya akses dan design yang lebih fleksibel, kamu juga bisa bikin website portfoliomu sendiri.


5. Hobi selfie bisa menghasilkan uang?

Cara menghasilkan uang dari hobi yang selanjutnya adalah "difoto". Ternyata bukan memfoto aja loh hobi yang bisa menghasikan uang, bahkan difoto pun bisa menambah pundi-pundi rupiahmu. Gak percaya? lihat aja para "ratu endorse" di instagram. Mereka bisa dapetin banyak uang cuman dari hobi memfoto diri sendiri alias selfie loh...

Dan buat kamu yang pengen ngikutin jejak mereka. Usahakan jangan sekadar selfie yah, jadikan foto-fotomu keliatan "niat" dan memiliki sense of art yang baik, sehingga selain bisa menghasilkan uang, instagram-mu juga bisa terlihat baik dan berkelas, sehingga bukan cuma menjadi sarana penyimpanan foto-foto pribadimu.


6. Menggambar, yuk...

Buat kamu yang punya bakat menggambar atau melukis, baik itu secara konvensional (kertas, kanvas, spidol, cat air, crayon, dsb.), ataupun digital (corelDraw, Adobe Illustrator, dll.), bisa banget loh mengkonversi keahlianmu itu menjadi penghasilan. Kamu bisa membuka jasa menggambar sketsa, WPAP, atau lukis wajah. Atau juga bisa menjual hasil karyamu yang sudah jadi. Selain itu, kamu juga bisa membuat tutorial menggambarmu dengan cara merekam dan mengunggahnya ke situs web video.

Tidak berbeda dengan hobi fotografi, kamu si tukang gambar pun baiknya punya portfolio. Selain bisa menjadi sarana penyimpanan karya-karyamu, portfolio juga bisa menjadi sarana promosimu. Untuk portfolio online, kamu bisa memanfaatkan wadah online seperti deviant art, atau bahkan tumblr. Dan sekali lagi, kalau kamu pengen punya akses dan design yang lebih fleksibel untuk portfoliomu, kamu bisa bikin website portfoliomu sendiri.


7. Blogging!

Sudah menjadi rahasia umum kalo hobi yang satu ini bisa menghasilkan rupiah atau bahkan dollar jika dijalani dengan serius. Malah banyak loh blogger yang menjadikan blogging sebagai sumber penghasilan utamanya. Cara dapetin duitnya gimana sih? Banyak. Bisa dari iklan PPC, program afiliasi produk, jual e-book, buka jasa, pokoknya banyak deh, bakalan panjang banget kalo semua di bahas di sini.

Dan hobi-hobi kamu yang lain pun bisa kamu tuangkan dalam bentuk blogging ini. Yuk kita ambil aja contoh hobi-hobi di atas.

  1. Hobi musik? Kamu bisa ngeblog tutorial musik, bikin artikel-artikel musik, bikin blog chord music, dll.

  2. Hobi masak/bikin kue? Bisa juga dong! Kamu bisa bikin blog resep kue, bikin review makanan, ato bahkan jual produk makanan kamu via blog.

  3. Hobi game? Kamu bisa bikin blog walkthrough game kamu, review game, review gear game, blogging kabar terbaru dunia gaming, banyak deh!

  4. Hobi fotografi? Bisa banget dong "diblogin", kamu bisa unggah hasil-hasil foto kamu di blog kamu, kalo kamu suka nulis juga, kamu bisa kembangkan foto-foto kamu itu dengan caption yang apik, pasti hasilnya tambah ciamik!

  5. Hobi selfie? bisa-bisa aja sih. Bikin aja blog pribadi kamu, yaaa itung-itung online diary lah gituu, selain kamu bisa mengasah kemampuan menulismu, kamu juga bisa tetep eksis dengan majang foto-foto dirimu.

  6. Hobi ngegambar? Bikin blog tutorial ngegambar yuk, biasanya blog-blog kayak gitu laku dan selalu dipantengin sama pengunjung-pengunjung setianya.

Asyik kan blogging?


***




Kenapa sih "cara-cara menghasilkan uang dari hobi" di atas itu hampir semuanya menyertakan kegiatan yang berbasis internet?


Ya, karena tidak bisa dipungkiri keseharian kita kini selalu ditemani internet. Selain itu internet pun bisa mempermudah kita untuk mendapatkan penghasilan dari hobi kita tersebut. Asal kita mau meluangkan sedikit waktu kita untuk belajar internet marketing, belajar blogging, atau belajar membangun sebuah website.
menghasilkan uang dari hobi

***

Well, itulah beberapa tips dari ridmee tentang menghasilkan uang dari hobi kamu. Semoga bermanfaat ya. Dan untuk yang mau menambahkan, boleh ditulis di kolom komentar di bawah ini...