Makan Fast Food? Boleh Aja, Asal........

- 6/07/2017


Fastfood sepertinya sudah menjadi tren, makanan tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup masa kini, apalagi buat para remaja. Empuknya burger, eksotisnya pizza, crispy-nya fried chicken pasti selalu menggugah selera kita untuk melahapnya.

Tapi,  dibalik lezatnya makanan-makanan tersebut, kita pasti paham betul kalau mereka tergolong makanan yang tidak sehat.

Jadi, apa sebaiknya kita nggak mengkonsumsi fast food? Boleh aja kok, asal perhatikan hal-hal dibawah ini ya...

Makan secukupnya


Makanlah secukupnya, dan hal yang harus kamu pastikan adalah nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi itu kudu seimbang. Contohnya, kalau kamu pesan dua ayam goreng berikut nasi plus minuman bersoda, atau kamu pengin melahap "segepok" cheese burger, gak ada salahnya kamu juga pesan salad, biasanya beberapa restoran cepat saji juga menyediakan salad. Selain itu, bakal lebih sehat juga kalo kamu mengganti sodamu dengan air mineral


Pilih yang lebih sehat


Ketika kamu pesan salad, usahakan pilih dressing dengan lemak dan kalori yang rendah. Jangan sampai kamu mengkonsumsi lebih banyak mayonnaise daripada sayuran yang disajikan. Untuk burger, kalau memungkinkan pilihlah roti gandum karena seratnya lebih kaya. Kalau kamu pengin makan pizza, pilihlah yang memiliki topping sayuran. Yaaa... biarpun mungkin enzim dari sayurannya tersebut sudah hilang karena pemanasan, tapi setidaknya kamu tidak menumpuk protein hewani yang kita tahu kalorinya lebih tinggi.


Hindari menu berikut


Hindari menu dengan label deep-friedpan-friedcreamy atau cream sauce karena biasanya menu-menu tersebut mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Selain itu, kandungan kalori dan garamnya pun biasanya tinggi. Lebih baik kamu memilih menu-menu panggang, dan tentu saja; sayuran. Selain itu, usahakan kamu lebih memilih daging 'putih' seperti ayam atau ikan daripada daging merah.


Makan pelan-pelan yaa...


Kenapa sih harus makan pelan-pelan? Yups, karena dengan makan pelan-pelan, berarti kamu membantu otakmu untuk mengirimkan sinyal ke tubuhmu ketika kamu sudah kenyang, jadi kamu gak bakal kalap. Trik makan seperti ini juga bisa membuat kamu lebih rileks, kinerja pencernaan lebih baik, dan pastinya bikin kamu lebih merasa nikmat dalam melahap makananmu. Jadi biarpun namanya 'fast food', bukan berarti kamu harus makan cepat-cepat kan?


Perhatikan porsi makanmu


Makanan cepat saji itu biasanya mengandung kalori minimal 100 kalori. Jadi kalau kamu ingin mengkonsumsi fast food tapi tetap sehat, selalu pilih menu dengan porsi kecil ya. Jangan tergiur dengan ukuran minuman yang lebih besar dengan harga lebih murah. Konsumsilah sesuai kebutuhan kamu, jangan berlebihan.