Kamu Mengalami 10 Tanda Berikut di Tempat Kerja? Mungkin Waktunya Mempertimbangkan Resign

- 6/07/2017



Seberapa sering kamu ngerasa kalo kamu itu menikmati kerjaan kamu, tapi kamu ga nyaman sama tempat kamu bekerja? atau sebaliknya, kamu nyaman sama tempat kamu kerja, tapi ngerasa ga cocok sama kerjaan kamu?

Dewasa ini banyak banget karyawan yang udah lama banget kerja di suatu perusahaan, belasan bahkan puluhan tahun, bukan karena mereka cocok dan mencintai pekerjaan mereka, tapi karena mereka sangat tergantung secara ekonomi, dan kurang berani mencari kesempatan lain. Padahal mereka ngerasa ga cocok sama pekerjaan mereka, kurang menguasai pekerjaan, ngerasa ga ada kemajuan.

Kalo udah gitu harus gimana? Lanjut dengan ketidaknyamanan tersebut? atau nyoba move-on buat nyari kerjaan lain?

Banyak alesan yang bikin kita gerah dan ga tahan sampe akhirnya mutusin resign. Mungkin karena kita ga suka rekan kerja kita, atau karena atasan yang makin hari makin bikin stress, atau karena kerjaan yang seabreg dengan upah yang minim. Atau karena kesemua alasan tadi? Dan walaupun begitu, banyak juga alesan yang bikin kita tetep bertahan.

Keputusan untuk berhenti kerja atau bertahan jelas sepenuhnya ada di tangan kita. 10 tanda di bawah ini cuma sebagai pertimbangan aja, mungkin sekarang ini udah waktunya buat kita mempertimbangkan move on dari kerjaan kita.

1. Temen Kerja Nyebelin

Rekan kerja itu bisa jadi “kutukan” atau “berkah” buat kamu. Kalo kebetulan kamu dapet rekan kerja yang nyenengin, itu sih otomatis ga ada masalah. Tapi gimana kalo kamu dapetin rekan yang kerjaannya gangguin terus padahal kamu banyak kerjaan? Ato ada rekan yang omongannya sering nyinggung, bikin bete, dateng telat, pulang cepet, ngomong kenceng, doyan gosip? Kalo kamu sering nyesek ngadepin orang-orang model begitu, mungkin udah waktunya nyari orang-orang baru, di perusahaan baru


2. Males Kerja

Minggu malem, waktu kerasa muter cepet, suasana jadi ga nyaman, kamu ngerasa “takut” buat ngantor besok pagi? Singkat cerita senin pun tiba, baru aja kamu duduk di tempat kerja, pikiran udah melayang lagi mikirin weekend.

Kita semua pasti pernah mengalami males kerja seperti itu, tapi kalo ngerasa seperti itunya setiap waktu, coba pikirin lagi buat nyari kerjaan baru


3. Jenuh

Banyak orang merasa “tertantang” di tempat kerja, hal ini juga kadang dimanfaatkan buat meningkatkan kemampuan. Nah, kalo kerjaan kamu udah cenderung “mudah” atau kegiatannya berulang-ulang, bisa jadi itu tanda kalo kamu butuh responsibiliti lebih.

Misalkan tiap hari kamu kerjaannya nonton YouTube karena kerjaan kamu udah beres. Emang keliatannya sih enak yah, tapi jangan salah, kalo gitu terus-menerus lama-lama bosen juga.


4. Perusahaan Dalam Masalah

Perusahaan lagi berjuang untuk menstabilkan diri dari gejolak ekonomi. Banyak PHK dan pemangkasan anggaran. Well, gak usah panik juga guys, tapi pertimbangkan aja buat ancang-ancang nyari kerjaan lain, daripada langsung di-PHK, nanti yang ada malah tambah panik luntang-lantung cari kerja.

Dan untuk hal ini, gak ada salahnya juga kok buat nemuin manajer kamu, atau head department kamu, buat ngobrolin nasib kamu ke depannya.


5. Ngerasa Gak Betah

Kadang kita lupa pentingnya ngerasa betah di tempat kerja, sampai ada momen di mana “kompetisi” udah ga sehat lagi. Temen kamu nyuri ide kamu, semua yang kita lakukan bentrok terus dengan kebijakan perusahaan, atau bahkan gaya berpakaian kamu selalu salah di mata manajemen. Mungkin udah waktunya cari perusahaan yang bikin kamu betah serasa di rumah.


6.Gak Tahan Sama Bos

Hubungan kita dengan pimpinan (bos) itu sudah tentu punya dampak yang besar buat kesuksesan dan kebahagiaan kita dalam berkarir. Bahkan kalopun kamu punya kerjaan yang asyik, hal itu ga ada artinya kalo kamu punya bos yang ga baik. Biarpun dia seorang atasan bukan berarti dia punya kekuasaan tanpa batas dan bersikap semena-mena terhadap bawahan. Kalo kamu punya atasan yang selalu sinis, ato ga ada sedikitpun bantuan maupun support untuk kesuksesan karir kamu, mungkin udah waktunya ngetok pintu perusahaan lain.


7. Gak Ada Peningkatan Karir

Mungkin kamu udah ngelakuin pekerjaan yang sama bertahun-tahun, padahal kamu siap untuk pekerjaan yang lebih menantang, sampe-sampe kamu udah keilangan passion di bidang yang kamu sukain selama ini. Atau perusahaan di tempat kamu bekerja ga punya posisi lain buat kamu tempatin.

Kalo udah gitu baiknya kamu bicara sama atasan buat minta load kerjaan lebih, bukan berniat cari muka, tapi kali aja atasan kamu liat potensi kamu yang belum keliatan sebelumnya. Tapi kalo dengan cara gitu karir kamu masih jalan di tempat, yaaa pikirin lagi deh gimana baiknya…


8. Tidak Dihargai

Pengakuan itu penting lho guys. Kamu juga pengen dong diakui kalo udah ngasih kontribusi untuk perusahaan? Juga rekan-rekan kerja kamu yang ngasi penghargaan bagi kesuksesan kamu.

Pertanyaannya adalah, ada reward ga sih dari perusahaan untuk usaha-usaha kamu selama ini? Kamu dapet bonus ga? Ada feedback positif ga? Kalo kamu ga ngerasa ngedapetin itu semua padahal udah kerja abis-abisan, mungkin udah waktunya nyari perusahaan yang bisa lebih menghargai talenta dan loyalitas kamu.


9. Lingkungan Kerja Menyebalkan



Kalo setiap waktu yang kamu lalui di tempat kamu kerja bikin rasa bahagia kamu terkuras, lingkungan yang tidak kondusif, sampai-sampai kamu merasa stress bahkan depresi, ga ada salahnya mencari tempat baru dengan energi yang lebih positif.


10. Pekerjaan Melelahkan Banget

Terlalu banyak kerjaan yang kamu kerjain sendiri, sibuk sekali. Kalo sibuknya sekali-sekali sih ga apa-apa, jangan langsung mutusin buat resign. Namanya kerja ya pasti ada sibuknya. Tapi kalo udah sibuk sesibuk-sibuknya, kamu ngelakuin semua kerjaan sendirian, bahkan kerja tim pun kamu yang paling sibuk, boleh kayaknya liat-liat kerjaan di luar sana dengan load yang lebih manusiawi.