Jogging Pake Jaket Bikin Cepet Kurus, Bener Nggak Sih?

- 6/07/2017



Kamu pasti sering liat orang yang niat banget jogging (kadang siang hari bolong) dengan memakai jaket, dan kalo ditanya alesannya, untuk apa mereka jogging dengan pakai jaket, rata-rata alasannya adalah:

"Buat nurunin berat badan. Kalo pake jaket, siang-siang, kan keringet banyak keluar tuh, berarti kalori yang terbakar juga besar, otomatis berat badan bakal cepat turun"

Oooh, jadi ternyata sebagian besar dari mereka ber-jogging ria dengan dibungkus jaket itu tujuannya adalah untuk menurunkan berat badan. Tapi, apakah cara tersebut emang efektif dan aman?

Ternyata jawabannya tidak! Hal tersebut jelas salah kaprah, dan parahnya, bisa menimbulkan efek negatif buat tubuh. Nah loh!

Ternyata lari memakai jaket itu malah bisa bikin tubuhmu dehidrasi karena terlalu banyak mengeluarkan cairan. Setelah itu, suhu tubuh bisa meningkat tinggi dan berpotensi menyebabkan heat stroke.



Ketika kita lari, suhu tubuh kita menjadi tinggi, tapi tubuh kita punya mekanisme pendinginan yang canggih dan efektif: keringat. Jadi keringat itu dikeluarkan supaya suhu tubuh tidak terlalu panas. dengan kata lain, pengeluaran keringat itu penting untuk mendinginkan suhu tubuh. Jadi kebayang dong, ketika tubuhmu sedang mencoba mendinginkan suhunya, kamu malah membuatnya panas dengan membungkus tubuhmu pake jaket. Efek negatifnya jelas dehidrasi, nah kalau sudah dehidrasi, nggak ada cairan, suhu tubuh kita bakal melambung terlalu tinggi, bahkan bisa lebih dari 40 derajat celsius, bisa kena heat stroke.
***

Orang yang jogging pakai jaket biasanya bertujuan buat nurunin berat badan lebih cepet. Oke, hal tersebut emang bakal terjadi, tapi sayangnya cuma sesaat. Jadi, berat badan berkurang itu karena banyaknya cairan yang keluar dari tubuhmu.

Jogging emang bisa bikin berat badanmu turun, tapi itu terjadi karena terjadi pembakaran lemak saat berlari ya, bukan karena pakai jaket.

Jadi kalau kamu mau jogging, pakailah pakaian yang nyaman, nggak terlalu tebal, dan bisa menyerap keringat. Selain itu, jangan lupa minum air putih untuk menghindari dehidrasi.



Jadi kesimpulannya adalah, jogging dengan memakai jaket itu tidak bisa menurunkan berat badan dengan cepat, justru dapat menimbulkan efek negatif, dan bahkan membahayakan kesehatan.

Selain bikin dehidrasi, dan parahnya heat stroke, jogging dengan memakai jaket juga bisa merusak kulit sebab keringat dan panas tubuh yang gagal menguap karena tertahan lapisan jaket bisa merusak permukaan kulit kamu, yang efeknya kulit menjadi merah dan lebam.

Kualitas olahragamu juga menjadi menurun karena tubuhmu bakal cepet capek karena cairan tubuh yang keluar lebih banyak.



Jogging dengan memakai jaket juga bisa dibilang nggak bermanfaat karena aktivitas olahraga yang kamu lakukan dengan cara ini cuma akan mengeluarkan cairan tubuh doang, bukan lemak! Dan ketika kamu minum lagi setelah olahraga berat badanmu tidak berkurang dan malah kembali seperti semula. Jadi kamu cuman dapet capeknya doang.