Jangan Sampai Wisuda Cuma Menjadi Upacara Perubahan Statusmu Dari Mahasiswa Menjadi Pengangguran

- 6/07/2017



Siapa sih yang ga seneng diwisuda? Sebuah titik di mana perjuanganmu terasa ada hasilnya. Momen membanggakan ketika orangtuamu menyaksikan anaknya resmi menyandang gelar sarjana. Waktu yang tepat untuk difoto bersama keluargamu dengan latar belakang gambar rak yang penuh dengan buku berwarna-warni, hehehe...

Tapi jangan sampai momen sehari itu menjadi momen yang kamu habiskan untuk berbahagia ria, namun keesokan harinya kamu menjadi sangat bingung mau ngapain lagi, bingung gimana caranya dapetin duit, dan akhirnya kamu sadar gak bisa lagi terus terbuai euforia berfoto dengan toga...

Biar kamu gak bingung, gak hilang langkah, dan gak kelamaan menyandang status pengangguran, simak tips-tips di bawah ini yuk, biar acara wisudamu bukan menjadi penobatan perubahan statusmu dari mahasiswa menjadi pengangguran...

1. Menjelang kelulusanmu, mulai jalin networking sebanyak-banyaknya

Kontek temen-temenmu yang udah pada kerja, atau yang punya usaha. Mulai korek-korek info apakah kamu bisa bekerja di situ setelah lulus. Boleh juga minta database relasi ayahmu, siapa tau ada diantaranya yang sedang mencari karyawan untuk perusahaannya. Intinya perluas networking sebanyak-banyaknya, siapa tahu beberapa di antara orang-orang tersebut bisa menjadi "penolongmu" untuk memperjelas statusmu setelah lulus kuliah.

2. Mulai rajin cari info tentang perusahaan yang bisa kamu masuki...

Siapkan dirimu. Cari tahu perusahaan apa saja yang sekiranya bisa menampungmu dengan segala kelebihan dan kekuranganmu. Perusahaan apa yang bisa membuatmu tertarik untuk mencari duit di dalamnya. Cari tahu juga persyaratan apa saja yang biasanya dibutuhkan dalam melamar pekerjaan. Cari info sebanyak-banyaknya. Jangan Malu bertanya. Sehingga begitu ijazah sudah ada di tanganmu, kamu sudah punya gambaran apa yang akan kamu lakukan setelahnya.

3. Kalau kamu merasa bakal susah cari kerja, atau cari kerja itu ribet, ya udah, gak usah kerja

Eiiitss tunggu dulu..., Gak usah kerja bukan berarti kamu bebas ongkang-ongkang kaki doang. Bukan berarti kamu bisa enak-enakan diem di rumah, bangun siang, dan makan sekenyangnya. Atau keenakan selamanya hidup dari duit ortu. Bukan. Bukan kayak gitu. Gak usah kerja maksudnya gak usah kerja di orang laen. Hilangkan mindset udah lulus harus kerja. Kamu kan sebenernya bisa bikin usaha sendiri. Syukur-syukur bisa sampe mempekerjakan orang laen.

Rencanakan usaha apa yang sekiranya mampu kamu jalankan. Sehingga begitu lulus, kamu yakin kalau kamu bakal langsung punya penghasilan.

4. Memelihara gengsi tak akan menambah pundi-pundimu...

Jika mencari pekerjaan kamu anggap susah. Bukan berarti memulai sebuah usaha akan jauh lebih gampang. Sama sulitnya, atau malah lebih sulit loh. Kebanyakan dari kita cuma liat pengusaha-pengusaha ketika mereka udah sukses aja, padahal kita gak tau gimana perjuangan mereka sampe bisa berhasil gitu. Dan buat kamu yang udah membulatkan tekad buat jadi enterpreneur, siap-siap mulai dari nol yaa, jangan gengsi kalo usahamu bener-bener mulai dari bawah. Jalanin aja dulu, karena berpenghasilan kecil itu jauh lebih nyaman daripada gak punya penghasilan sama sekali, dan belum punya usaha yang kece itu jauh lebih membanggakan daripada gak mau usaha sama sekali. Setuju?

5. Makin tinggi idealisme-mu, makin jauh penghasilan darimu...

Hey para fresh graduate, memang gak ada salahnya bersikap idealis; Mempunyai hasrat jika kamu hanya mau bekerja sesuai passion kamu, hanya mau bekerja di perusahaan tertentu sesuai keinginanmu. Tapi gak ada salahnya juga kalau kamu merendahkan dulu hatimu dan menekan sedikit egomu. Karena mungkin mendapatkan pekerjaan impian itu tidak semudah membalikkan telapak tanganmu. Untuk itu, bolehlah kamu bekerja sesuai peluang dulu. Menunggu pekerjaan impian tanpa jadi pengangguran.

6. Belajarlah mengisi dompetmu sebelum kamu dapatkan ijazahmu...

Ketika statusmu masih mahasiswa, cobalah mulai merintis usahamu sedikit demi sedikit. Kembangkan bisnismu di sela-sela sibuknya kuliahmu. Emang, pasti bakalan melelahkan banget, tapi seenggaknya kamu udah tau gimana cara menstabilkan keuanganmu. Dan ketika kamu lulus, bisnismu sudah berjalan dan kamu tinggal mencurahkan semua tenaga dan pikiranmu untuk membuatnya sukses...

Atau kamu bisa bekerja paruh waktu jika kegiatan kuliahmu sudah tidak terlalu menyita waktumu. Sehingga begitu kamu lulus, kamu sudah dalam keadaan punya pekerjaan. Jalani terus pekerjaanmu itu sambil melamar pekerjaan lain yang kamu anggap lebih baik dan sesuai passion-mu...

Dengan demikian, kamu tidak melewatkan sehari pun menjadi seorang pengangguran...