Jangan Biarkan Orang Lain Terus Memanfaatkanmu, Guys!

- 6/07/2017



Hati-hati, semua biasanya dimulai dengan satu bantuan kecil...

Gak ada salahnya kok nolong orang lain, menyenangkan hati orang lain. Tapi kadang ada segelintir orang gak tau diri yang memanfaatkan pertolongan kita menjadi permintaan-permintaan lainnya. Sekali-dua kali sih gak apa-apa, tapi kalo udah terusan-terusan minta tolong ini sih namanya udah manfaatin. Gimana ya cara menghadapi orang-orang kayak gitu? ridmee bantu yuk...

1. Saatnya belajar bilang "tidak"




Bibit-bibit pemanfaatan dirimu biasanya tumbuh dari kamu yang 'iya-iya' aja ketika dimintain tolong. Sikap demikian udah pasti banget dimanfaatin orang-orang yang nggak tau diri demi kepentingan mereka. Sekali-kali boleh kok belajar nolak, biar mereka tau kalo kamu ga bisa diperlakukan seenaknya.

2. Katakan "tidak" dengan jelas dan tegas, jangan berikan alasan yang bertele-tele...


Bro, bisa bantuin gua bikinin desain brosur ga?

Wah, gimana ya, bro..., kayaknya ga bisa deh, gua ini masih ada beberapa kerjaan, kayaknya ampe sore deh. Trus besok gua ada kemungkinan ga masuk, mau anter nyokap ke bandara jemput sepupunya...

Ooh, ya udah santai aja, masih bisa lusa ato sesempetnya elu kok, gua ga butuh buru-buru juga...

Hmmmm.......

Hati-hati guys, alasan yang bertele-tele alias panjang lebar malah bisa ngasih celah buat mereka maksa kamu ngelakuin apa yang mereka minta. Cukup katakan tidak dengan penjelasan seperlunya aja...

3. Kalau emang mau bantu, tentukan "terms and condition"-nya....



"Syarat dan ketentuan berlaku". Ya, itulah label yang harus kamu sematkan pada dirimu kalo kamu mau bantu orang tapi gamau dimanfaatin terus-terusan ke depannya. Intinya orang boleh-boleh aja mereka minta bantuan kamu, tapi jangan seenaknya, tentukan batasan-batasan yang sekiranya bisa membuat mereka paham kalo kamu emang bisa dimintain tolong pas bener-bener butuh aja. Batasannya sendiri bisa berupa batasan waktu, atau batasan bantuan yang bisa kamu berikan buat mereka.

4. Pikir-pikir dulu? Jangan deh...


Kalo kamu ragu mau jawab 'iya' ato 'ngga' ketika seseorang minta tolong sama kamu, mungkin kamu bisa bilang sama mereka kalo kamu mau pikir-pikir dulu. Tapi daripada bersikap demikian, lebih baik ambil keputusan langsung aja guys. Kalo kamu emang mau bantu, bantu. Tapi kalo kamu ragu--kamu bakal bisa bantu apa ngga, bakalan punya waktu apa ngga, bakalan nguras tenaga kamu apa ngga--mending langsung bilang gak bisa aja, apalagi kalo mereka butuh keputusan saat itu juga. Jangan sampai kamu terjebak di keadaan yang bisa merugikanmu.

5.  Jangan pikir kamu akan dibenci, buang jauh kekhawatiranmu...


Kamu pernah bantu mereka kan sebelumnya? Bahkan mungkin beberapa kali. Kalo sekalinya kamu nolak buat bantu dan mereka marah atau membencimu, jelas, masalahnya ada di mereka bukan di dirimu. Tapi tenang aja, ketika mereka meminta bantuanmu dan kamu menolak, mereka biasanya akan sibuk mencari bantuan lain dan tidak punya waktu buat marah sama kamu.