Hewan Berkantung Itu Bukan Cuma Kangguru Aja Loh! Nih Buktinya...

- 6/07/2017


Kalo kita ditanya, “binatang apa yang punya kantong?” pasti kebanyakan jawabnya “kangguru”, tapi tahukah kamu kalo ternyata masih ada beberapa hewan lagi yang juga memiliki kantong? sebagian mungkin sudah tau, sudah pernah baca, atau emang seneng dunia fauna. Nah buat yang belom tau moga artikel ridmee kali ini bisa nambah wawasan kamu semuanya ya…

1. Wallaby


Kangguru dan walabi kadang sulit dibedakan, apalagi untuk orang yang tidak tinggal di Australia. Perbedaan yang mendasar adalah Kangguru berbadan tegak, sedangkan walabi sedikit bungkuk. Jika kangguru langsing, maka walabi memiliki tubuh yang cenderung. Kanguru tinggi (jenis tertentu bisa mencapai 2 meter), dan walabi lebih kecil. Wajah kanguru lebih mirip manusia, sedangkan walabi lebih mirip tikus.


2. Quoll


Quoll ini berasal dari Australia. Namanya diambil dari bahasa aborigin yang berarti kucing harimau. Disebut kucing karena badannya memang sebesar kucing. Disebut harimau karena ia makan dengan cara berburu hewan lain seperti harimau.

Namun demikian, quoll sebenarnya bukan mamalia. ia adalah binatang berkantung atau marsupilia. Sepupu terdekatnya bukan kucing melainkan kanguru dan koala. Bedanya, Kanguru dan koala adalah herbivora, sedangkan Quoll karnivora.


3. Wallaroo


Wallaroo adalah hewan khas Australia. Ia memiliki tubuh yang lebih kecil dari kangguru, dan lebih besar dari wallaby. Sebab itulah ia d iberi nama “wallaroo” yang merupakan campuran dari wallaby dan kangguru (bahasa inggris:kangaroo).


4. Pademelon


Hewan ini merupakan marsupial kecil dari genus Thylogale. kalau kamu ingin melihat mereka, maka kamu harus mengunjungi hutan-hutan, karena di sanalah tempat tinggal mereka. Pademelon adalah jenis terkecil dari famili macropoda.

Tapi jangan terlalu berharap kamu bisa deket-deket sama pademelon, karena mereka sangat pemalu, mereka biasanya langsung berlari ketika ada sesuatu yang mereka anggap mengganggu. Karena ukuran tubuhnya yang kecil, pademelon menganggap hewan-hewan lainnya berbahaya dan bisa menjadi predator bagi mereka.


5. Quokka


Quokka merupakan makropoda kecil yang memiliki ukuran setara kucing rumahan. Seperti marsupial lainnya, quokka ini termasuk ke dalam golongan hewan herbivora dan nokturnal. Quokka bisa ditemui di beberapa pulau kecil di pesisir Australia bagian Barat.


6. Tasmanian Devil

Tasmanian devil amerupakan marsupial karnivora dari famili Dasyuridae, mereka bisa ditemukan di negara bagian Tasmania, Australia. Ukurannya setara dengan anjing kecil. Tasmanian devil memiliki tubuh yang kekar dan berotot, bulu hitam, bau yang menyengat, pekikan yang keras, serta penciuman yang tajam.


7. Koala


Koala adalah salah satu binatang berkantung khas dari Australia. Banyak dikatakan bahwa kata “koala” berasal dari bahasa Australia pribumi yang berarti tidak minum. Koala sebenarnya minum air tetapi sangat jarang karena makanannya--daun ekaliptus--sudah mengandung cukup air sehingga koala tidak perlu turun dari pohon untuk minum.

Koala dapat ditemukan di sepanjang pesisir timur Australia mulai dari Adelaide sampai ke Semenanjung Cape York, dan sampai jauh ke pedalaman.