Format File Mp3 Bakal Pensiun! Wah Gimana Dong?

- 6/07/2017


Dari sekian banyak format file audio, sepertinya gak bisa dipungkiri jika yang paling sohor adalah format MP3. Setuju? Saking populernya, sampai-sampai sekitar satu dekade yang lalu ramai sekali muncul pemutar musik portable yang mengusung format ini. Ya, pasti pernah punya dong MP3 player?


Tapi sayangnya, jenis format file ini bakal dipensiunkan alias dipunahkan, atau menurut bahasa aslinya adalah discontinued. Hal tersebut diungkapkan oleh The Fraunhofer Institute sebagai perusahaan pengembang audio digital pada era awal lisensi MP3 ini.

Loh tapi kenapa ya?

Dilansir oleh Gizmodo, The Fraunhofer Institute mengambil langkah ini karena mereka berpendapat jika format mp3 ini sudah kalah jauh kualitasnya dibanding format-format terbaru yang katanya lebih canggih. Dan konon format AAC atau MPEG akan lebih dipilih untuk nongkrong di gadget-gadget audio-visual kini dan nanti, karena memiliki kualitas yang lebih bagus.

Terus lagu-lagu mp3 kita gimana nasibnya dong?




Tenang, saudara-saudara. Yang dihentikan cuman lisensinya aja kok. Jadi selama kamu masih punya pemutarnya di komputer atau hape kamu, semua file mp3 kamu bakal tetep bisa dimainkan.

Tapi tetep, hal ini bakal beda dengan kaset pita atau vinyl yang mempunyai nilai nostalgia hingga saat ini, mp3 mungkin akan perlahan hilang seiring teknologi yang dewasa ini mengalami perkembangan yang "ajaib". Karena otomatis perusahaan produsen pemutar musik bakal terus menyesuaikan teknologinya dengan perubahan zaman. Dan bukan tidak mungkin ke depannya perusahaan-perusahaan tersebut menghilangkan kemampuan perangkatnya untuk memutar format file mp3.

Tapi sekali lagi jangan khawatir, selama kamu punya pemutar musik yang support format file mp3, lagu-lagu favoritmu bakal tetep aman kok.