Boleh Aja Nginep di Rumah Temen, Asal Tau Diri Ya...

- 6/07/2017



Mungkin bakal ada situasi yang bikin kamu kudu nginep di rumah temen. Misalkan, kamu lagi jalan-jalan ke kota di mana temenmu tinggal, dan kamu gak tau harus menghabiskan malam di mana. Atau kamu punya plan buat dateng ke suatu tempat pagi-pagi banget, dan tempatnya itu deket sama rumah temen kamu, yaa ga ada salahnya dong numpang tidur barang semalem?


Boleh-boleh aja nginep, asal tau etikanya ya, jangan sampai keenakan, dan jangan bikin kamu jadi orang yang gak tau diri.

1. Kasih tau sebelumnya


Gak usah sok-sokan ngasih surprise dengan tiba-tiba dateng ke rumah temenmu dan bilang mau nginep. Yakin dia bakal seneng dengan kedatanganmu? Usahakan hubungi dia dulu sebelumnya dan minta izin kalau kamu mau nginep. Inget ya, minta izin, bukan cuman bilang mau nginep! Hargai privasinya, siapa tau dia lagi dalam keadaan kagok dan gak bisa nerima tamu dulu. Satu hal yang perlu diingat, kamu jangan bete ya kalo ternyata dia belum bisa nerima kamu dulu di rumahnya. Itu hak dia buat menentukan.


2. Bawa buah tangan


Kalau kamu dapet izin buan nginep di rumah temenmu, jangan lupa bawain dia buah tangan ya pas kamu dateng. Bisa berupa makanan atau hadiah kecil. Temen kamu mungkin emang gak mengharapkan kamu ngelakuin ini, tapi gak ada salahnya kan kamu kasih dia sesuatu sebagai ucapan terimakasih karena dia udah bersedia menyediakan ruang buat kamu menghabiskan malam.


3. Ikutin jam tidur sang tuan rumah


Kamu harus tau jam berapa biasanya temenmu tidur. Jangan berani-berani ngerubah jadwal tidurnya kecuali emang dia yang memilih sendiri untuk merubahnya. Sebisa mungkin jangan terlalu larut ngobrol sampe akhirnya temenmu itu tidur lebih larut daripada biasanya.


4. Jangan lupa beres-beres


Ini sih common sense ya. Setiap kita menginap, sudah menjadi "kewajiban" kita buat merapikan kembali tempat bekas tidur kita. Bukan cuma tempat tidurnya aja, tapi juga barang-barang yang kita bawa. Pokoknya ketika pagi hari, kamar harus kembali rapi, barang-barang yang kita bawa harus kita rapikan ke dalam tas kita lagi. Biarpun mungkin kita masih bakal nginep buat malem berikutnya, tapi hal itu bukan merupakan alesan buat mikir kalo "beres-beresnya nanti dulu deh, kan aku masih di sini sampe besok/lusa".


5. Bersikap sopan


Inget guys, kamu adalah tamu, maka bersikaplah layaknya tamu. Bersikaplah dengan wajar, jangan ngelakuin hal-hal yang melampaui koridor kesopanan, misalkan kaki kamu nemplok di dinding pas lagi tidur/tiduran, nyanyi-nyanyi kenceng pas lagi mandi, nyalain TV dan pindah-pindah channel semau kamu, dan seabrek attitude minus lainnya. Bahkan untuk nyalain AC pun, sudah sepatutnya kamu minta izin dulu sama si empunya rumah.


6. Perhatikan kamar mandi!


Ada dua hal yang harus diperhatikan berkenaan dengan kamar mandi ini; Pertama kebersihannya, kedua durasi kamu pake kamar mandinya. Kebersihannya harus kamu jaga, jangan sampai ada bekas odol yang bercecer, bekas busa yang tidak terbasuh, "sesuatu" yang lupa kamu siram, dan lain-lain.

Dan untuk durasinya, usahakan jangan berlama-lama di kamar mandi rumah orang, apalagi kalau kamar mandinya cuma satu. Pake seperlunya dengan waktu sesingkat mungkin, karena mungkin ada orang selain kamu yang urgent mau pake kamar mandinya.


7. Jangan nginep kelamaan


Prinsip yang harus kamu pegang tentang menginap di rumah teman adalah "menginap merupakan rencana darurat". Jadi menginaplah kalo kondisi emang memaksa kamu buat menginap. Jangan jadikan menginap sebagai sarana pelarian, tempat minggat, atau tempat "mengungsi". Menginaplah seperlunya. Karena mungkin temenmu sebagai tuan rumah punya kegiatan lain, jangan sampai kehadiran kita jadi pengganggu dan pengganjal aktivitasnya.