Amalan Puasa Rusak Gara-gara Bukber? Kok Bisa?

- 6/07/2017



Bulan Ramadhan, bulan yang senantiasa ditunggu oleh umat Islam. Karena keutamaannya, karena tersedianya pahala yang berlimpah, karena dibukanya pintu tobat, karena dikabulkannya doa-doa.

Bulan Ramadhan juga dinanti karena suasananya, damainya, hangatnya. Di bulan ini juga ada tradisi ngabuburit dan buka bersama yang pastinya selalu ditunggu sebagai sarana silaturahim dan biasanya sekaligus menjadi ajang reunian. Tapi hati-hati ya kawan, jangan sampai ajang buka bersama alias bukber ini menjadi sebab berkurangnya, rusaknya, atau hilangnya pahala puasa kamu. Loh bisa ya? Bisa dong kalo kamu......

1. Nunggu waktu buka sambil ngomongin orang



Kamu udah standby beberapa jam sebelum adzan maghrib di tempat bukber yang telah disepakati bareng-bareng, karena kalo mepet-mepet waktunya takutnya tempatnya keburu penuh dan gak kebagian spot asik. Tanpa sadar obrolan kalian ngalir terus sampe asyik ber-ghibah alias ngomongin orang.

Waduh, ngomongin orang kan dosa, batal dong puasanya? Puasa kamu sih gak batal, tapi apa kabar pahalanya?


2. Ngelawak



Ketika kamu kumpul sama temen-temenmu, jiwa komedimu bangkit, dan kamu mulai mancing-mancing temenmu biar ketawa dengan joke-joke renyahmu. Tapi hati-hati, jangan sampai pahala puasamu berkurang dengan skill melawakmu itu.

"Loh kok bisa? Ngelawak kan ngehibur orang?"

Iyaa sih, yang dikhawatirkan adalah joke kamu itu adalah cerita yang kamu bikin-bikin biar orang laen ketawa. Inget hadits ini yaa...

"Celakalah bagi yang berbicara lantas berdusta hanya karena ingin membuat suatu kaum tertawa. Celakalah dia, celakalah dia.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

dan juga hadits ini

"Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari no. 1903)

Sayang kan puasamu?


3. Pamer harta

Biasanya momen bukber ini juga sekaligus ajang reunian, dan sudah menjadi rahasia umum kalo ajang reuni ini gak jarang dijadikan sarana pamer harta serta "kesuksesan" bagi para bragger alias tukang pamer.

Kamu tau dong kalo pamer-pamer gitu masuk ke dalam kategori riya'? Kau juga tau dong hukum riya" itu gimana?


4. Ninggalin sholat wajib



Ini nih bahaya dari yang paling bahaya. Misalkan kamu udah ngumpul dari jam 3-an, asyik ngobrol ngalor ngidul. Ashar lewat.

Begitu bedug maghrib dateng, kamu larut dalan santap bukamu, sambil masih ngobrol ngalor ngidul dan bercanda kesana kemari, kali ini lebih asyik karena peserta bukber udah ngumpul semua. Saking asyiknya, kamu lupa waktu sampai akhirnya terdengar adzan isya. Maghrib lewat. (note guys, jarak dari maghrib ke isya itu cuman sekitar 1 jam 8 menit, jadi kalo kamu gak buru-buru, potensi ketinggalan sholat maghrib itu besar banget).

Dan lebih bahaya lagi kalo setelah bubaran bukber, kamu pulang ke rumah, kecapean, langsung tidur. Isya lewat.

3 waktu sholat wajib terbuang begitu saja, padahal ketinggalan 1 waktu sholat aja udah luar biasa gede dosanya, cek hadits berikut yuk;

Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah mengenai shalat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.” (HR. Ahmad, At Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah. Dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)


5. Ketinggalan sholat tarawih



Dan karena sholat isya ketinggalan, otomatis tarawih juga kelewat dong? Masa iya sholat tarawih tapi gak sholat isya? Hehe...

Oke, mungkin gak sholat tarawih memanggak akan merusak ibadah puasamu mengingat hukumnya yang sunnah (dianjurkan). Tapi apa gak sayang ninggalin sholat yang banyak banget keutamaannya? Nih beberapa diantaranya;

  1. Mendapatkan ampunan dosa yang telah lalu;

  2. Sholat tarawih bersama imam (berjamaah) bagaikan sholat semalam penuh;

  3. Sholat tarawih adalah seutama-utamanya sholat;

Sayang kan kalo gak tarawih?
***

"Jadi bukber itu gak boleh ya?"

Eits jangan salah nyimpulin yaa, boleh kok bukber, apalagi kalo niatnya menyambung tali silaturahim dan mempererat ukhuwah, tapi jangan sampai menyampingkan hak Allah yaa... Sholatnya jangan kelewat!

Dan lagi, jangan sampai kumpul-kumpulnya itu jadi ajang pamer kekayaan, apalagi jadi ajang ghibah alias ngomongin orang. Wuih bahaya tuh...

Jadi ayok aja bukber, tapi jangan lupa, isi acaranya dengan kegiatan dan perkataan yang positif serta bermanfaat yaa, biar makin afdhol puasamu!


Website rujukan: remajaislam.com | rumaysho.com 1 | rumaysho.com 2 | rumaysho.com 3