9 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Traveling

- 6/07/2017



Mungkin kamu sekarang lagi ada di titik jenuh dalam hidupmu. Kamu ngerasa hidupmu jalan di tempat, masalah datang dan pergi tanpa permisi, kamu ngerasa bosen banget berkutat dengan kegiatan dan orang-orang yang sama setiap harinya.

Nah kalo iya, gak ada salahnya deh kamu coba traveling, selain bakal mendapatkan pengalaman baru, sensasi baru, bahkan kawan baru, traveling juga akan memberikanmu banyak pelajaran hidup yang mungkin tidak akan kamu dapatkan kalau kamu "gak kemana-mana".  Apa aja sih?

1. Kamu gak pernah sendiri

Salah satu hal hebat dari traveling adalah meskipun kamu mengunjungi suatu tempat baru, tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, dikelilingi oleh orang-orang asing yang sama sekali belum kamu kenal, kamu tidak akan pernah merasa "sendiri". Biasanya penduduk setempat sangat ramah dan welcome ketika kamu mencoba berbaur dan menjalin percakapan dengan mereka, dan bukan tidak mungkin dari situ kamu bisa dapet temen baru dalam itungan menit aja. Asyik kan?

2. Dunia ini tidak semenyeramkan yang kamu kira

Seringkali kita berpikir jika traveling itu menakutkan dan menegangkan, karena dengan ber-traveling kita dituntut untuk keluar dari zona nyaman kita dan dipaksa untuk berinteraksi dengan dunia luar yang kita belum tau seperti apa. Tapi justru dengan traveling, kita sebenarnya bakal menyadari kalo orang-orang, lingkungan, dan interaksi sosial dimanapun di belahan dunia ini nyaris sama. Pada dasarnya mereka itu baik dan tidak akan membahayakan kamu. Gak usah jauh-jauh traveling deh, kalo bicara soal orang jahat, lingkungan rawan, atau aksi kriminalitas, sebetulnya di kota tempat kita tinggal pun ada kan?

3. Kamu bakal sadar kalo dirimu lebih tangguh daripada yang kamu kira selama ini

Manusia itu sebetulnya punya jiwa survival alami loh; kemampuan bertahan di kondisi kepepet. Tapi kadang kita gak percaya sama kemampuan diri sendiri, sampai-sampai mau traveling aja kita bawa segala macem benda sampe menuhin tas, koper, atau bahkan carrier kita. Mulai sekarang coba deh, kalo mau traveling, eliminasi benda-benda yang dirasa gak penting-penting amat buat dibawa, dan biarkan jiwa survivalmu bekerja ketika kamu butuh sesuatu di tempat tujuan. Keuntungan lainnya adalah, tasmu bakal punya lebih banyak ruang buat bawa pulang oleh-oleh atau souvenir.

4. Kamu akan belajar lagi mengandalkan orang lain dan menghargai sebuah bantuan

Kita mungkin sudah terbiasa berjiwa mandiri alias mampu mengurus semua keperluan sendiri. Dengan demikian, kadang kita tidak lagi memahami berharganya sebuah bantuan atau pertolongan. Nah, dengan traveling, mau gak mau kamu mungkin bakal butuh bantuan orang lain, bahkan mungkin cuma buat nanyain arah, jalan, atau saran tentang tempat yang asyik buat dikunjungi.

5. Ternyata dunia dipenuhi dengan makanan-makanan yang luar biasa


Ketika di rumah, mungkin kamu terbiasa makan makanan yang sama tiap harinya. Itu ituuu aja. Tapi ketika kamu berada di luar rumah, jiwa kamu cenderung bergejolak untuk keluar dari zona nyamanmu untuk menncoba sesuatu yang belum pernah kamu coba sebelumnya, termasuk makanan. Nah, ketika kamu traveling, kamu mungkin akan memberi izin untuk lidah dan perutmu mencicipi makanan yang belum pernah kamu makan sebelumnya, dan kamu akan sadar jika di dunia ini banyak sekali makanan-makanan eksotis, unik, dengan rasa yang luar biasa.

6. Kamu bisa have fun dimana aja

Esensi dari traveling itu sebenernya bukan ketika kita sampai di tujuan, tapi bagaimana kita menikmati perjalanan kita menuju tujuan. Banyak hal yang mungkin bisa kita dapatkan selama perjalanan. Dapet temen baru di bis, ngobrol dengan orang yang asyik di pesawat, atau nemuin hal-hal yang menyenangkan ketika pesawat transit. Lihat sekelilingmu, bahkan mungkin kamu bisa menemukan hal-hal lucu di tengah menyebalkannya penerbangan yang delay. Intinya jadikan setiap detik travelingmu menyenangkan. Karena sebenernya kamu bisa bersenang-senang dimanapun kamu mau.

7. Kamu tidak pernah terlambat untuk berubah

Traveling adalah tentang perubahan. Kamu akan belajar banyak tentang dirimu ketika kamu sedang dalam perjalanan. Traveling ini adalah proses introspektif yang memaksamu untuk merenungkan hidupmu dan siapa dirimu. Kamu mungkin akan mulai memikirkan semua hal yang terjadi dalam hidupmu, dan apa yang ingin kamu lakukan untuk merubah hidupmu menjadi lebih baik, ketika kamu pulang.

8. Kamu akan belajar bersantai

Traveling "memaksa" kamu untuk bersikap selow dan sedikit bersikap "pasif" selama beberapa saat. Semua hal-hal yang merumitkan hidupmu sebaiknya kamu tinggalkan saja di rumah. Berhentilah untuk mengkhawatirkan segala hal dalam hidupmu, dan kamu akan menyadari betapa menakjubkan kehidupanmu. Kamu pun akan pulang dengan energi baru untuk menyelesaikan semua hal yang perlu diselesaikan dalam hidupmu.

9. Kamu menjadi lebih terkoneksi dengan sekitarmu

Kamu mencoba makanan baru, belajar bahasa baru, dan bertemu orang-orang dari berbagai tempat di seluruh dunia. Melalui pengalaman ini, kamu menjadi lebih terkoneksi dengan sekitarmu, dan semakin menyadari bahwa kamu memiliki kemampuan untuk bisa betah dimanapun kamu berada.