15 Fakta Menakjubkan Tentang Tubuh Manusia yang Mungkin Belum Kamu Tahu

- 6/07/2017

Manusia adalah mahluk yang sangat kompleks, tubuh manusia mempunyai beberapa fungsi dan keunikan yang tidak dimiliki makhluk lain. Manusia juga terkenal sebagai makhluk yang pandai beradaptasi dalam banyak situasi dan kondisi

Kali ini ridmee akan mencoba memberikan beberapa info dan fakta menarik mengenai tubuh manusia, check this out, guys!


1. Tubuh manusia bertambah sekitar 1cm saat bangun di pagi hari, hal ini disebabkan bertambahnya volume bantalan tulang belakang. Namun kembali menyusut dikarenakan aktivitas dan gravitasi.





2. Jari manusia sangat sensitif, jika jari manusia dianalogikan sebesar bumi, maka ia dapat meraba perbedaan antara rumah dan mobil.



3. Dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk kuku tumbuh dari pangkal sampai ujung



4. Asam lambung manusia sebenarnya cukup kuat untuk melumatkan sebuah silet, tapi cepatnya pembaruan dinding lambung, membuat asam tersebut tidak ikut melumatkan lambung kita.



5. Kecepatan laju bersin manusia adalah sekitar 100km/jam.



6. Hidung manusia bisa mengingat 50.000 bau yang berbeda.



7. Manusia hampir tidak mungkin bisa menggelitik diri sendiri



8. Manusia tetap dapat hidup walaupun kehilangan limpa, 1 ginjal, 1 paru-paru, 75% bagian hati, 80% bagian usus, dan organ lainnya yang terletak di daerah pinggul dan pangkal paha.



9. Ada sekitar 300.000.000 sel tubuh manusia yang mati dalam satu menit. Namun jumlah itu segera digantikan oleh sekitar 10-50 trilun sel setiap harinya.



10. Jika diakumulasi, seumur hidupnya manusia bisa menghasilkan air liur yang cukup untuk mengisi dua kolam ukuran standar.



11. Setiap ginjal mengandung 1 juta filter. Hal ini berarti di dalam tubuh mengandung 2 juta filter, yang menyaring 1,3 liter darah per menit dan mengeluarkan urin 1,4 liter per hari.



12. Waktu yang dibutuhkan sel darah merah untuk beredar satu putaran penuh dalam tubuh manusia adalah 60 detik.



13. Otot mata manusia berkontraksi sekitar 100.000 kali dalam sehari. Hal tersebut sebanding dengan berjalan sejauh 80 kilometer jika dianalogikan sebagai otot kaki.



14. Manusia adalah mahluk yang sangat visual, 90% informasi yang dihimpun dari lingkungan sekitar adalah oleh mata.



15. Pria memproduksi sekitar 10 juta sel sperma setiap hari, diperkirakan cukup untuk mengganti seluruh populasi manusia di muka bumi hanya dalam 6 bulan saja.