Mengenal Ukuran Tempat Tidur

- 10/10/2016

Selain memiliki style yang berbeda-beda, sudah pasti tempat tidur pun memiliki ukuran yang tidak sama. Hal tersebut memungkinkan kamu memilih tempat tidur sesuai dengan keperluan dan kegunaannya. Berikut penjelasan mengenai ukuran tempat tidur beserta tips memilih tempat tidur yang baik.


1. Single/Twin


Tempat tidur Single ini berukuran 90x200cm (atau twin 100x200cm). Tempat tidur jenis ini biasanya digunakan untuk kamar anak-anak. Tetapi karena efisien dalam segi ukuran, banyak juga orang dewasa menggunakan tempat tidur jenis ini. Jadi kalo kamu masih tidur sendiri, bisa saja pakai tempat tidur jenis ini, tapi sepertinya tidak terlalu direkomendasikan untukkamu yang punya ukuran badan XL, atau juga Anda yang tidurnya "tidak bisa diam".



2. Super Single


Tempat tidur ukuran Super-Single ini ukurannya sedikit lebih lebar dari ukuran single tadi, yaitu120x200cm. Nah untuk kamu yang berukuran tubuh lumayan besar, atau tidurnya tidak bisa diam, tempat tidur jenis ini cocok buat kamu pilih. Atau kamu memang ingin tidur sendiri dengan leluasa, jenis ini bisa dipertimbangkan.



3. Queen



Dengan ukuran 160x200cm, tempat tidur ukuran Queen ini cocok buat kamu yang ingin ruang gerak lebih besar lagi. Tempat tidur jenis ini sebetulnya bisa juga digunakan untuk dua orang, tapi sedikit kurang leluasa.



4. King



Tempat tidur jenis King ini sangat cocok untuk kamu yang sudah menikah, apalagi untuk yang baru menikah dan belum memiliki anak. Ukuran 180x200cm nya memungkinkan kamu masih leluasa bergerak dengan space yang cukup. Sangat ideal untuk 2 orang.


5. Super King


Tempat tidur Super-King size ini biasa juga disebut dengan Double size. Ukuran 200x200cm nya sudah pasti membuat kamu nyaman dan leluasa untuk tidur berpasangan. Bahkan jika kamu punya anak yang belum tidur terpisah, tempat tidur dengan ukuran ini masih memungkinkan untuk tidur bertiga.

***


Tips memilih ukuran tempat tidur


  1. Panjang ranjang minimal harus 15 cm lebih panjang dari ketinggian pengguna tertinggi.

  2. Untuk menguji apakah lebar ranjang tepat bagi kamu, terapkan tes berikut: Berbaringlah dengan nyaman menggunakan bantal dan letakkan siku di belakang kepala. Siku tidak boleh menyentuh pasanganmu atau melampaui tepi ranjang.

  3. Celah minimal 60 cm pada sisi-sisi ranjang sangat penting untuk memungkinkan pergerakan yang nyaman tanpa menabrak furniture di sekeliling ranjang.

Bagaimana? Sudah cukup nyamankah tempat tidurmu?