23 Kata Bahasa Indonesia Ini Punya Arti Lain Dalam Bahasa Sunda

- 1/28/2015



Kamu tau kan apa itu homonim? Ya, Homonim adalah suatu kata yang memiliki makna yang berbeda tetapi lafal atau ejaan sama. contohnya bulan, bulan bisa bermakna kumpulan hari-hari dalam kalender, bisa juga bermakna satelit bumi. Ada juga genting, genting bisa berarti atap rumah, atau juga keadaan gawat darurat. Satu contoh lainnya adalah rapat, rapat bisa diartikan pertemuan, bisa juga diartikan tidak renggang.

Nah sekarang ridmee mau mencoba membahas homonim lintas bahasa, yaitu antara bahasa Indonesia dan bahasa Sunda. Apa saja itu? Cekidot guys!

1. ULAH
Menurut KBBI: ulah (n) tingkah laku, tindakan, sikap (menyalahi norma, aturan, adat)

Dalam bahasa sunda, ulah berarti jangan. Contoh kalimat: ulah didahar kuehna! (jangan dimakan kuenya!)
***

2. GANDENG
Menurut KBBI: gandeng /gan·deng/ /gandéng/ (v) 1 bersambung; berhubungan; 2 berbimbing (tangan)

Dalam bahasa sunda, gandeng berarti berisik. Contoh kalimat: Ulah gandeng, barudak! Bapa nuju kulem (jangan berisik, anak-anak! Bapa sedang tidur)
***

3. GADUH
Menurut KBBI: gaduh 1 /ga·duh / (a) rusuh dan gempar krn perkelahian (percekcokan dsb); ribut; huru-hara

Dalam bahasa sunda, gaduh berarti punya dalam bentuk halus. Contoh kalimat: Abdi gaduh acuk weuteuh (Saya punya baju baru)
***


4. WADUK
Menurut KBBI: waduk /wa·duk/ (n) 1 perut besar tempat mencernakan makanan; 2 kolam besar tempat menyimpan air sediaan untuk berbagai kebutuhan atau mengatur pembagian air dsb (dipakai di musim kemarau); 3 menara air (tempat persediaan air)

Dalam bahasa sunda, waduk berarti kotoran dalam bentuk bahasa kasar. Contoh kalimat: Maneh nincak waduk sapi, nya? (Kamu menginjak kotoran sapi ya?)
***

5. KODOK
Menurut KBBI: kodok 1 /ko·dok / (n) katak

Dalam bahasa sunda, kodok berarti merogoh. Contoh kalimat: Kodok geura pesak lanceuk maneh, sugan aya duitan (Coba rogoh saku kakakmu, siapa tahu ada uangnya)
***

6. BOGA
Menurut KBBI: boga /bo·ga/ (n) makanan; masakan; hidangan; santapan;

Dalam bahasa sunda, boga berarti punya dalam bentuk kasar atau dalam bentuk loma (bahasa yang digunakan sehari-hari bersama teman sebaya. Contoh kalimat: Maneh boga kameja bodas teu? (Kamu punya kemeja putih, ngga?)
***

7. SANGU


Menurut KBBI: sangu /sa·ngu/ (Jw) (n) bekal, biasanya berupa uang

Dalam bahasa sunda, sangu berarti nasi. Contoh kalimat: Urang mah lamu sasarap kudu dahar sangu (Saya kalau sarapan harus makan nasi)
***




8. LAUK



Menurut KBBI: lauk /la·uk/ (n) 1 daging, ikan, dsb (selain sayur) yg dimakan sbg teman nasi

Dalam bahasa sunda, lauk berarti ikan, bukan saja ikan yang sudah dimasak menjadi teman nasi, tapi juga ikan hidup. Contoh kalimat: Kamari urang dipangmeulikeun lauk arowana ku indung (Kemarin saya dibelikan ikan arwana oleh ibu)
***





9. TUKANG



Menurut KBBI: tukang /tu·kang/ (n) 1 orang yg mempunyai kepandaian dl suatu pekerjaan tangan (dng alat atau bahan yg tertentu)

Dalam bahasa sunda, tukang juga bisa mempunyai arti sama dengan bahasa Indonesia di atas, tapi tukang juga bisa berarti belakang Contoh kalimat: Nu diukna di tukang pindah heula ka hareup! (Yang duduknya di belakang pindah dulu ke depan!)
***





10. MUTU



Menurut KBBI: mutu 1 /mu·tu / (n) 1 (ukuran) baik buruk suatu benda; kadar; taraf atau derajat (kepandaian, kecerdasan, dsb); kualitas

Dalam bahasa sunda, mutu adalah alat yang kita pegang untuk mengulek (ulekan), Contoh kalimat: Mutu anu dijieun tina batu mah leuwih awet tibatan anu dijieun tina kai (Ulekan yang dibuat dari batu lebih awet daripada yang dibuat dari kayu)
***


11. MANGGA



Menurut KBBI: mangga /mang·ga/ (n) pohon yg berbatang tegak, bunganya berbentuk malai, buahnya bulat panjang atau bulat pendek, warna daging, buah, dan rasanya bervariasi, dihidangkan sbg buah, dibuat rujak, manisan, selai, dsb; mempelam

Dalam bahasa sunda, mangga berarti silakan. Contoh kalimat: mangga lebet (Silakan masuk)



***

12. KACA

Menurut KBBI: kaca 1 /ka·ca / (n) 1 benda yg keras, biasanya bening dan mudah pecah (untuk jendela, botol, dsb); 2 cermin; kaca muka; 3 ki contoh; teladan

Dalam bahasa sunda, kaca bisa juga memiliki arti sama dengan bahasa Indonesia di atas, tapi bisa juga bermakna halaman buku. Contoh kalimat: Ibu guru nitah barudak muka buku matematika kaca 20 (Ibu guru menyuruh murid-murid membuka buku matematika halaman 20)

***

13. TUANG

Menurut KBBI: tuang 1 /tu·ang / (v) curah; tumpah (tt benda cair);

Dalam bahasa sunda, tuang berarti makan, namun kata tuang digunakan untuk mendeskripsikan orang yang lebih tua/terhormat. Contoh kalimat: Bapa nuju tuang (Bapak sedang makan)



Catatan: Untuk diri sendiri, kita tidak menggunakan kata tuang, tapi kata neda. Contoh: Abdi nuju neda (saya sedang makan).
Untuk hewan ada kata lain, yaitu nyatu. Contoh kalimat: Ucing keur nyatu (Kucing sedang makan).


***

14. BANGGA

Menurut KBBI: bangga 1 /bang·ga / (a) besar hati; merasa gagah (krn mempunyai keunggulan)

Dalam bahasa sunda, bangga berarti sulit/rumit. Contoh kalimat: Hayang bisa nyieun tumpeng teh, tapi ningalikeun oge jiga nu bangga (Pengen deh bisa bikin tumpeng, tapi ngeliatinnya aja sepertinya susah)

***

15. SAMPING

Menurut KBBI: samping 1 /sam·ping / (n) 1 sisi; sebelah

Dalam bahasa sunda, samping adalah Kain sarung untuk wanita, biasanya bermotif batik.

***

16. GORENG
Menurut KBBI: goreng /go·reng/ /goréng/ (v), menggoreng /meng·go·reng/ v memasak kering-kering di wajan (kuali) dng minyak

Dalam bahasa sunda, goreng bisa juga berarti seperti bahasa Indonesia di atas, tapi goreng juga bisa berarti jelek. Contoh kalimat: Lamut indit-inditan mah tong make baju anu goreng atuh (Kalo bepergian jangan pake baju yang jelek dong)

***

17. BUJUR
Menurut KBBI: bujur 1 /bu·jur / (n) 1 panjang dr suatu bidang; tanah itu -- nya 15 m dan lintangnya 10 m; 2 panjang: muka --; 3 Geo posisi timur atau barat suatu tempat di permukaan bumi, yg ditentukan atau diukur dng meridian;

Dalam bahasa sunda, bujur berarti pantat. Contoh kalimat: Mang Ayi hese diuk lantaran bujurna karek disuntik ku dokter (Paman Ayi sulit duduk karena pantatnya baru disuntik oleh dokter)

***

18. ALIM
Menurut KBBI: alim 1 (a) 1 berilmu (terutama dl hal agama Islam): ia seorang -- yg sangat disegani di kampung ini; 2 saleh: kelihatannya ia sangat -- dan tidak pernah meninggalkan salat;

Dalam bahasa sunda, alim berarti tidak mau. Contoh kalimat: Abdi mah alim tuang sareng endog ah, barosen (Saya tidak mau makan dengan telor ah, bosan)

***

19. DUKA
Menurut KBBI: duka /du·ka/ (a) susah hati; sedih hati


Dalam bahasa sunda, duka berarti tidak tahu dalam bentuk jawaban atas pertanyaan. Contoh kalimat: Bapa: Badu, ai si mamah kamana? geuning teu aya di bumi? | Badu: Duka pa, teu ningal ti enjing-enjing oge (Bapak: Badu, kalau mama kemana? Kok ga ada di rumah, ya? | Badu: Tidak tahu pak, tidak lihat dari pagi juga)

***

20. AMIS
Menurut KBBI: amis (a) anyir (berbau spt bau ikan)

Dalam bahasa sunda, amis berarti manis. Contoh kalimat: salak teh meni amis nya, meunang meuli ti mana? (Salaknya manis ya? Dapet beli dari mana?)

***

21. KENYANG
Menurut KBBI: kenyang /ke·nyang/ (a) 1 sudah puas makan; sudah penuh perutnya: ia tidur nyenyak sesudah makan --; 2 ki (sudah) berisi (bermuatan) hingga penuh: airilah sawah hingga -- agar padi tumbuh dng subur; 3 ki sudah banyak merasai (mengalami); puas sekali: kami sudah -- thd cobaan hidup;

Dalam bahasa sunda, kenyang berarti tarik. Contoh kalimat: SI Epen labuh keur maen bola, lantaran bajuna dikenyang ku si Ajo (Si Epen jatuh ketika bermain sepak bola, karena bajunya ditarik oleh si Ajo)

***

22. ANGKAT
Menurut KBBI: angkat /ang·kat/ 1 (v) naikkan; tinggikan

Dalam bahasa sunda, angkat berarti pergi. tapi angkat ini digunakan untuk mendeskripsikan orang lain. Contoh kalimat: Bapa angkat ka kantor tabuh tujuh (Bapak pergi ke kantor pukul tujuh). Sedangkan untuk diri sendiri, kita menggunakan kata mios. Contoh kalimat: abdi mios ka sakola tabuh tujuh

***

23. PARA

Menurut KBBI: para 1 /pa·ra / p kata penyerta yg menyatakan, pengacuan ke kelompok: -- tamu mulai berdatangan

Dalam bahasa sunda, para berarti Ruang / Lapisan atas rumah


***

Ada yang mau menambahkan? Tulis di kolom komentar yaaa.....