Hewan-Hewan Ini "Pinjem" Nama Hewan Lain

- 11/21/2014


Beberapa hewan punya nama dengan karakter yang cukup kuat. Singa misalnya, kalo denger kata singa, asumsi kita pasti langsung tertuju kepada hewan besar buas yang juga biasa disebut si raja hutan.
Kalau denger kata kelinci, pasti yang timbul di benak kita adalah binatang imut dan lucu yang punya hobi loncat-loncat.
Tapi ada beberapa hewan dalam bahasa Indonesia yang tidak punya nama sendiri, tapi malah menyematkan nama hewan lain di depan atau belakang namanya. Hewan apa sajakah itu? Check this out, guys!

1. Kudanil




Iya, hewan dengan nama latin Hippopotamus amphibius ini dalam bahasa Indonesia disebut kudanil. gatau gimana sejarahnya binatang yang doyan mandi di sungai ini dapet pinjeman nama dari kuda, yang jelas-jelas ga ada kemiripan sama sekali baik dari bentuk tubuh maupun kelakuannya guys.

Coba sekarang kamu bayangin kuda......., sudah? Sekarang bayangin kudanil........, sudah? Beda jauh kan? :D

__________



2. Kuda Laut




Selain kudanil tadi, ada juga hewan yang pinjem nama dari kuda. Dialah si kuda laut, binatang dengan nama latin Hippocampus ini moncongnya emang sedikit mirip dengan kuda guys, biarpun dari famili yang berbeda jauh (iya lah pasti beda jauh, yang satu hidup di darat, yang satu lagi di aer). Dan untuk hewan yang satu ini orang-orang penutur bahasa Inggris pun sepakat untuk menyebutnya Sea Horse.

__________


3. Macan Kumbang




Selanjutnya ada dari keluarga kucing besar guys, mari kita bahas Panthera Pardus atau yang biasa kita kenal dengan sebutan macan tutul. Loh “tutul” kan bukan nama hewan? Berarti dia ga pinjem nama hewan lain dong?


Tunggu dulu, kita bahas si macan tutul hitamnya guys, atau yang biasa disebut macan kumbang ( saya juga baru tau kalo macan kumbang itu sebenernya macan tutul)


Kalo yang ini sedikit masuk akal ya guys, sebagian besar warna kumbang kan hitam pekat ya, dan mungkin si macan ini pinjem nama kumbang biar terdengar lebih natural aja, kan ga lucu juga kalo namanya macan semir ato macan aspal, hehehe...

__________


4. Singa Laut





Otariidae atau yang biasa kita sebut Singa Laut ini emang nekat ya pinjem nama si Raja Hutan . Sekilas aja kita liat bener-bener ga ada kemiripan guys, malah si montok singa laut ini lebih terkesan unyu-unyu daripada buas. Tapi ya sudahlah, mungkin karena sama-sama berkumis, si Otariidae ini pengen juga sebut singa, biarpun harus ditambah embel-embel “laut” di belakangnya.

__________



5. Burung Unta



Bika dilihat secara sekilas, mungkin Struthio camelus ini memang mirip unta ya guys? Biarpun burung unta ini hanya memiliki dua kaki, tidak memiliki punduk, dan bukan berasal dari keluarga mamalia, tapi leher yang panjang dan tempat tinggal di gurun luas (walaupun bukan gurun pasir) mungkin sudah cukup bagi dia untuk diizinkan meminjam nama sang onta.

__________



6. Bulu Babi





Dibandingkan hewan-hewan di atas, hewan ini mungkin tidak terlalu populer ya guys, Bulu Babi atau Temnopleurus Alexandrii ini adalah spesies bawah laut dari filum echinodermata.


Buat yang satu ini ridmee juga masih belum paham kenapa dinamain bulu babi guys, mungkin karena bentuknya yang mirip bulu-bulu? Oke, tapi kenapa babi? mungkin babi bulunya emang seperti itu? Entahlah, semoga nanti ada yang bersedia menjelaskan.

__________



7. Anjing Laut




Phocidae atau anjing laut ini merupakan hewan yang cukup populer ya guys. Kadang kita suka ketuker antara anjing laut dan singa laut (termasuk saya)


Kenapa dia pinjem nama anjing? mungkin karena mukanya yang mirip-mirip sama anjing dan dia juga termasuk carnivora.

__________



8. Gajah Laut



Banyak kemiripan antara Mirounga leonina alias gajah laut ini dengan gajah betulan ya guys. Badan yang gendut, warna kulit yang abu-abu, dan juga terdapat belalai walaupun pendek.


Bedanya apa? Ya udah jelas lah, selain beda famili, yang satu hidup di air, yang satu lagi hidup di darat.

__________



9. Hiu Paus



Hiu paus, atau Rhincodon typus ini makannya plankton guys. Hiu ini menyematkan nama paus di belakangnya karena ukuran tubuhnya yang besar, dan kebiasaan makannya dengan menyaring air laut, seperti paus.\

__________



10. Babirusa




Babirusa atau yang memiliki nama latin Babyrousa babirussa ini emang babi banget ya guys, hanya saja ukurannya sedikit lebih besar. Babirusa ini memiliki taring seperti babi hutan, namun selain taring babirusa juga memiliki tanduk.


Mengapa disebut babi rusa? apakah karena bertanduk seperti rusa? atau memiliki badan yang tinggi seperti rusa? atau emang namanya babirusa dan sebenernya ga ada hubungan apapun dengan rusa? Mari kita cari tahu jawabannya, hehehe...