Nih, Cara Ampuh Menghadapi Haters!

- 10/30/2014

Sudah merupakan hukum alam jika di dunia ini selalu ada hal yang berlawanan. Ada terang pasti ada gelap, ada yang baik ada juga yang jahat, ada bagus ada jelek, ada yang suka ada juga yang benci.
Nah, nyorotin poin terakhir diatas, di dalam hidup ini udah pasti ada yang benci sama kita guys, ya mungkin karena kitanya rese, pernah bikin salah, nyebelin, ato seabrek keburukan lainnya. Wajar kalo dibenci...

Tapi kadang ada juga segelintir orang yang selalu benci sama kita no matter what we do, bawaannya ga suka aja gitu sama kita, mau kita ngelakuin hal yang baik ataupun buruk, mereka pasti benci sama kita.

Yup, mereka adalah para haters, alias pembenci. Gerombolan orang yang selalu mencari sisi negatif dari apapun yang kita lakukan untuk dikonversi menjadi sebuah kebencian.



Karakteristik Haters:




  1. Kemunculannya tidak diharapkan
  2. Selalu berpikiran negatif terhadap apapun yang kita lakukan meski itu adalah sebuah karya besar
  3. Selalu merasa paling benar
  4. Pandai berkelit dari bukti yang kita tunjukkan (tidak mau mengakui keberhasilan kita)
  5. Kreatif dalam membuat isu miring tentang kita Fokus pada kekurangan diri kita dan menutup mata dari kelebihan kita
  6. Tidak pernah kehabisan akal untuk menjatuhkan kita Kita selalu salah di matanya


Kamu punya haters? Mungkin tips-tips dibawah ini bisa diaplikasikan


1. RUBAH SUDUT PANDANG


Kita sadar banyak yang gak suka sama kita walau kita gak jahat sama mereka. Orang-orang ini sebenarnya terbentuk selain karena iri, bisa jadi karena terhasut sesuatu. Sebelum menyalahkan orang lain, lebih baik rubah sudut pandang kita terhadap mereka. Ingat, haters adalah kumpulan orang yang terlalu iri dengan kita guys.

Tips: Cuek terhadap tanggapan sekitar. Ini adalah aturan pertama saat menghadapi haters. Semakin sedikit reaksi kita, orang lain di sekeliling mereka akan berbalik bertanya apakah benar rumor negative soal kita. Kalau mereka bikin kita marah, tahan emosi sebelum salah mengucapkan sesuatu yang salah dan memperburuk keadaan.



2. INTROSPEKSI


Mungkin kita pernah melakukan kesalahan secara enggak sengaja kepada haters. Saatnya untuk intropeksi dan memperbaiki diri kita.

Tips: Kalau mereka sering bully atau mempermalukan kita, jangan membalas dengan cara yang sama. Coba ajak berbicara hati ke hati dengan provokator utama. Minta maaf kalau kita pernah menyinggung perasaannya. Kalau dia menolak untuk berdamai, kita harus tetap sabar. Bisa saja kita lapor ke pihak yang berwajib apabila dia mengancam atau melakukan kekerasan fisik.



3. TENANGKAN PIKIRAN


Cari waktu untuk menenangkan pikiran dan hati. Berjuang melawan haters sangat menguras tenaga. Biar enggak stres, biarkan kita istirahat sejenak dari segala pikiran yang mengganggu.

Tips: Alihkan waktu dengan mencari kegiatan positif. Melihat kita yang tetap tenang dan enggak mudah terhasut, akan membentuk dukungan teman kita yang lain. Dengan begini, kita akan terlindungi dan konfrontasi haters akan berkurang satu persatu.
Intinya selalu lihat dari sudut pandang positif, bersyukur saja kita memilki haters, karena itu berarti kita memiliki orang-orang yang sangat memperhatikan diri kita dan secara tidak langsung, kita memiliki kritikus pribadi untuk kita senantiasa bebenah menjadi pribadi yang semakin baik dan semakin baik lagi.